IBL

Basket kini tak hanya jadi konsumsi remaja dan dewasa. Sebab kini mulai anak-anak hingga lanjut usia suka basket. Tak hanya suka, mereka juga bermain basket. Dewasa ini, semakin banyak turnamen-turnamen basket yang digelar namun umumnya untuk kalangan remaja hingga lanjut usia.

Melihat peluang tersebut, Ary Sudarsono menggagas digelarnya Liga Bocah Indonesia (LBI). Ini merupakan kompetisi bola basket khusus bagi pelajar Sekolah Dasar dan sederajat. Rentan usia yang bisa mengikuti LBI antara 8 hingga 12 tahun. Kompetisi ini semakin bergengsi karena peserta akan memperebutkan Piala Proklamator. Lalu pemain terbaik akan mendapatkan Piala Amran A Shinta.

"Liga Bocah Indonesia tidak hanya berbicara sebagai kompetisi bola basket antar SD semata, tetapi LBI akan menanamkan wadah pendidikan karakter, cinta tanah air, cinta keluarga, serta mengenal arti dari nilai-nilai luhur olahraga," ujarnya seperti dilansir dalam rilisan resmi LBI.

Ary Sudarsono yang kita kenal sebagai salah satu tokoh yang membawa virus basket di Indonesia menuturkan, untuk awal, LBI digelar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi saja. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa kompetisi ini akan diputar di seluruh wilayah Indonesia. Hal itu tergantung dengan dukungan sponsor dan instansi terkait.

“Secara realistis ini merupakan program baru yang membutuhkan biaya dan juga perlu disiapkan baik SDM maupun prasarananya. Karena kita tahu, belum terlalu banyak sarana olahraga yang representatif khususnya GOR Basket di Indonesia. Untuk itu saya berharap program ini bisa menjadi suatu acuan yang perlu didukung oleh para sponsor dan kementerian terkait," sambung Ary. "Karena banyak nilai positif yang bisa dipetik dari LBI untuk membentuk karakter manusia yang Indonesia yang unggul. Misalnya para peserta wajib hafal Indonesia Raya dan Pancasila. Selain itu dengan berolahraga otomatis akan menghasilkan generasi yang unggul dan sehat secara jasmani dan rohani."

Sebagai langkah awal, panitia berencana menggelar workshop di beberapa kota besar lainnya baik di Jawa maupun luar Jawa. Tujuannya memberikan sosialisasi tentang LBI kepada para peserta, orang tua murid, pelatih maupun juga para guru.

Foto: Rilis LBI

Komentar