IBL

Petinju wanita asal Amerika Serikat Claressa Maria Shields baru saja mencetak sejarah baru di dunia tinju profesional. Dia menjadi petinju wanita pertama yang memenangkan empat sabuk juara dunia, dan tidak terkalahkan di dua divisi kelas berat yang berbeda. Lebih istimewanya, ketika memenangkan sabuk juara terakhir, dia mengenakan celana berwarna ungu dan emas, serta bertuliskan Kobe dan Gianna.

Pada Jumat, 5 Maret 2021, waktu Amerika Serikat, petinju berjuluk "T-Rex" tersebut menang dengan keputusan suara bulat atas Maire-Eve Dicaire. Ketiga hakim setuju memenangkan Shield di duel yang berlangsung di Dort Financial Center, Michigan. Shields kini memegang rekor pertarungan 11-0 (dengan 2 kali menang KO) sepanjang kariernya.

Lewat kemenangan tersebut Shileds berhasil mempertahankan gelar kelas welter WBC dan WBO, kemudian mendapatkan sabut IBF 154 pound, serta serta sabuk juara WBA light middleweight. Dia menjadi petinju wanita pertama dengan empat sabut juara, di dua divisi yang berbeda.

(Sumber foto: wsyz.com)

Shields memang tidak berhenti menorehkan prestasi. Sebelum terjun ke profesional, dia menjadi petinju yang menakutkan di kelas amatir. Shields pernah memenangkan medali emas Olimpiade 2012 London di kelas middlewheight, kemudian medali emas Olimpiade 2016 Rio de Janeiro di kelas yang sama. Mendapatkan dua medali emas di kejuaraan dunia tinju amatir di tahu 2014 dan 2016. Serta menjuarai Pan American Games di kelas light heavyweight tahun 2015.

Namun meski bertanding di tinju profesional, Shields mengaku mengidolakan Kobe Bryant, legenda NBA yang meninggal tahun 2020 lalu. Shields mengagumi Black Mamba karena mentalitas bertandingnya sangat cocok diaplikasi di ring tinju. Jadi untuk salah satu pertarungan penting dalam kariernya, Shields sengaja mengenakan pakaian berwarna ungu dan emas. Dia juga menuliskan nama Kobe dan Gianna di celananya.

Prestasi Shields dan penghormatannya pada Kobe Bryant mendapatkan apresiasi banyak pihak. Terutama dari tim Los Angeles Lakers, yang menjadi klub Kobe Bryant sepanjang kariernya. Kyle Kuzma secara mengunggah foto Shields dengan komentar GWOAT (Greatest Woman of All Time). (tor)

Foto: World Boxing News

Komentar