IBL

Sacramento Kings masuk bottom three, atau tiga peringkat terbawah di klasemen Wilayah Barat, setelah menderita sembilan kekalahan beruntun. Kepala pelatih Luke Walton frustasi karena timnya tampil buruk. Sampai-sampai Walton melampiaskan kekesalannya dengan merusak papan strategi di laga melawan New York Knicks.

Laga tersisa tujuh menit. Kings tertinggal 101-119, di Madison Square Garden. Walton ingin timnya memperkuat pertahanan. Namun yang terjadi sebaliknya, pemain Knicks Alec Burks justru mampu mencetak tembakan tripoin yang membuat Knicks memimpin 121-101. Walton meminta time-out. Lalu saat asisten pelatih memberinya papan strategi, justru Walton memukulnya dan terbelah jadi dua bagian.

"Saya frustasi. Kami semua seharusnya frustasi," kata Walton usai pertandingan, dikutip dari Yahoo!Sports.

"Saya tidak tahu apa yang bisa membuat saya begitu frustasi. Sebagai pelatih, saya hanya menyusun strategi, kemudian mengkomunikasikan dengan sejelas-jelasnya kepada pemain. Sehingga saat itu tidak sesuai keinginan, maka saya sangat frustasi. Saya tidak bisa memukul orang, maka ini saja yang saya lakukan."

Walton menyinggung soal penampilan Kings akhir-akhir ini. Ada sebuah perbedaan yang mencolok dari para pemain Kings beberapa minggu terakhir. Mereka kurang bermain fisik, dan mentalnya juga tidak bagus. Dua faktor tersebut menurut Walton jadi faktor penyebab Kings susah memenangkan pertandingan.

"Mereka bisa bermain lebih baik sebelumnya, tapi akhir-akhir ini tidak. Itu yang membuat frustasi. Kami harus menemukan solusi untuk masalah ini," imbuhnya.

Kings sekarang turun ke peringkat ke-13 klasemen Wilayah Barat dengan rekor pertandingan 12-20. Kings senasib dengan Houston Rockets (sembilan kali kalah beruntun), dan Minnesota Timberwolves (enam kali kalah beruntun).

Timberwolves sudah memecat Ryan Saunders, lalu Rockets melepaskan DeMarcus Cousins. Kabar-kabar tersebut semakin memanaskan kabar terkait situasi Luke Walton di Kings.

Kings memang jadi penghuni papan bawah Wilayah Barat. Tapi musim ini, mereka punya harapan dengan bakat-bakat muda yang bagus seperti De'Aaron Fox, serta rookie Tyrese Haliburton. Beberapa minggu yang lalu, Kings tampil meyakinkan dengan empat kemenangan beruntun, termasuk menumbangkan LA Clippers dan Boston Celtics. Tapi setelah itu, Kings terjun bebas. Mereka kalah sembilan laga beruntun, yang jadi rekor terburuk sejak 2008-2009.

Kings memang tidak boleh lengah. Terutama karena mereka ada di Wilayah Barat yang punya persaingan paling sengit dibandingkan Timur. Rata-rata kemasukan Kings adalah 119,6 poin per pertandingan yang jadi catatan terburuk di liga. Namun Walton masih punya waktu untuk membalikkan keadaan. Tetapi harus berusaha keras untuk mendapatkan persentase kemenangan 50 persen untuk bisa punya kesempatan bermain di turnamen play-in Wilayah Barat. (tor)

Foto: Sports 1140 KHTK

Komentar