IBL

Beberapa waktu lalu, saya mengobrol dengan Adhi Pratama. Kami berbicara tentang banyak hal. Salah satunya gim Doraemon Story of Seasons di Nintendo Switch.

Saya kebetulan sudah menamatkan gim tersebut. Saya ini termasuk salah satu penggemar berat Story of Seasons. Dulu sempat dikenal dengan nama Harvest Moon.

Begitu tahu Doraemon Story of Seasons akan keluar. Saya langsung membeli Nintendo Switch. Saya memainkannya setiap malam, sepulang kerja, dengan hati yang menggebu.

Maklum, setelah Harvest Moon Wonderful Life di PlayStation 2, saya belum menemukan lagi gim bagus serupa.

Doraemon Story of Seasons sendiri pada dasarnya adalah farming simulation role-playing video game. Gamer bisa memainkannya pada dua konsol berbeda: Nintendo Switch dan personal computer (PC) dengan peranti Microsoft Windows.

Ceritanya berkutat pada petualangan Doraemon, Nobita (Noby), Tsuneo (Sneech), Giant (Big G), dan Shizuka (Sue). Mereka terjebak di sebuah desa antah berantah. Gamer bertugas untuk mengembalikan kelimanya ke tempat semula.

Gamer akan memainkan Nobita sebagai karakter utama. Ia berperan sebagai petani yang harus mengurus pertanian, termasuk ladang dan ternak. Ada beberapa hal yang bisa gamer lakukan dalam gim ini untuk memuluskan misi. Saya punya lima tip dan triknya.

Utamakan Sosialisasi

Seperti saya katakan, misi gamer adalah mengembalikan Nobita dkk. ke dunia asalnya. Untuk mencapai itu, gamer perlu manyelesaikan cerita utama, plus cerita-cerita pendukung yang tidak kalah seru.

Cerita utama akan berjalan jika gamer rajin melakukan sosialisasi. Oleh karena itu, cobalah untuk meluangkan waktu dari bangun tidur sampai pukul 12 siang untuk berbicara kepada warga sekitar. Semakin sering gamer bersosialisasi, maka tingkat keakraban Nobita dan warga berubah. Perubahan itu memicu cerita-cerita yang saling berkaitan.

Begitu bangun pada pukul enam pagi, arahkan Nobita ke West Natura. Kunjungi rumah-rumah yang ada di sana. Bicaralah pada orang-orang di masing-masing rumah hingga pukul tujuh pagi.

Setelah itu, pergi ke East natura. Lakukan hal yang sama dengan mengunjungi Mayor Ryam’s Residence, Regis’ Clinic, dan Serena’s Residence secepat mungkin. Para gamer akan bertemu dengan Mayor Ryam, Regis, Serena, dan Shizuka.

Jika sudah selesai, turunlah ke Zazan Cape. Bicara kepada Blake di dekat pantai. Kemudian, masuk ke Sandy’s Tackle Shop untuk menemui Sandy. Ambil juga beberapa benda di sekitar pantai untuk dijual kembali atau digunakan sebagai hadiah. Warga akan senang jika diberi hadiah yang memang menjadi favoritnya. Maka, kenali juga hadiah-hadiah favorit mereka.

Selesai dari sana, kembali ke East Natura untuk mengunjungi beberapa tempat. Pertama, Café Delish untuk bertemu Cafet, Eria, dan Tsuneo. Kedua, Anvil Blacksmith Shop untuk bertemu Smitty dan Blake. Ketiga, Mark’s Residence dan Knick Knacks General Store untuk bertemu satu keluarga: Mark, Gennie, dan Jemma.

Kembalilah ke West Natura untuk berbicara kepada Henson yang sedang dalam perjalanan ke East Natura. Setelah itu, barulah gamer bisa pulang ke pertanian. Mengurus ladang dan ternak.

Sehabis mengurus urusan pertanian, mampir ke Lumberjack Forest. Berkunjunglah ke Hammer Carpenter Shop untuk bertemu Pent dan Giant. Gamer juga bisa sekalian mengambil hasil hutan di sekitar sana.

Stamina

Stamina merupakan salah satu hal yang esensial. Setiap kali melakukan suatu pekerjaan, stamina akan berkurang. Oleh karena itu, gamer perlu mengatur stamina agar Nobita tidak tumbang.

Tidurlah sebelum pukul sembilan malam agar Nobita bisa bangun pukul enam pagi dengan stamina 100. Jika gamer tidur setelah pukul sembilan malam, maka Nobita akan bangun pada pukul enam pagi dengan stamina yang lebih sedikit. Jika tidur lebih dari pukul 12 malam, Nobita bisa bangun pukul sembilan pagi dengan stamina yang lebih sedikit juga. Itu akan menurunkan produktivitas Nobita.

Hasil Hutan dan Tambang

Hasil pertanian memang menguntungkan. Namun, tidak bisa digunakan untuk mencari penghasilan besar. Gamer perlu berkeliling mencari hasil hutan dan menambang. Sebab, itu jauh lebih berguna untuk mengisi pundi-pundi. Kegiatan tersebut biasa disebut foraging dan mining.

Uruslah pertanian sebagai bentuk kepedulian. Kerjakan dengan penuh tanggung jawab. Setelah itu, luangkan waktu untuk mencari hasil hutan dan menambang. Pada umumnya bisa dilakukan pada sore hari sampai malam.

Menambang sangat menguntungkan. Sebab, hasil tambang harganya mahal. Apalagi jika gamer bisa menggali sampai lapisan paling bawah.

Untuk menambang sampai bawah, gamer perlu beliung yang cocok. Tingkatkan beliung ke pandai besi sampai setidaknya mencapai beliung perak (silver). Dengan itu, gamer bisa menambang sampai lapisan paling bawah yang berisi sebuah gua dengan danau di tepinya.

Menambang juga perlu stamina. Ada satu trik ampuh untuk menghemat stamina. Caranya dengan save and load.

Sebelum menambang, save terlebih dahulu permainan hari itu. Kemudian, cobalah menggali tanah dengan mengingat posisi  tanah yang menghasilkan hasil tambang. Bila perlu gambarlah di sebuah kertas.

Setelah itu, load permainan yang baru saja gamer save untuk memulai dari awal. Posisi tanah hasil tambang tidak akan berubah. Ikuti ingatan gamer tentang posisi hasil tambang atau dengan menggunakan gambar yang telah dibuat. Dengan begitu, gamer bisa menghemat stamina.

Sediakan juga penambah stamina yang bisa dibeli di Regis’ Clinic.

Backpack

Backpack alias ransel merupakan benda berharga. Fokuskanlah penghasilan pada awal permainan untuk membeli ransel yang lebih bagus. Ransel bisa dibeli di General Store.

Dengan ransel yang lebih bagus, kapasitas juga lebih banyak. Akibatnya, gamer bisa membawa hasil hutan dan hasil tambang lebih banyak. Dengan itu, penjualan pun semakin meningkat.

Summer

Summer (musim panas) merupakan musim yang penuh berkat. Sebab, pada musim itu, gamer bisa menghasilkan uang lebih banyak dengan cara memancing. Pada musim panas, ada sebuah tempat yang harus dikunjungi.

Lokasinya tidak jauh dari pohon besar di Rollin Forest. Jika gamer sudah punya pintu ke mana saja, tinggal jalan ke sebelah kanan. Tempatnya agar tersembunyi, tetapi tidak sulit ditemukan.

Di sana ada sebuah kolam. Siapkan alat pancing untuk memancing ikan bernama Mbenga. Harga jual ikan itu bisa mencapai 6000G. Manfaatkanlah untuk menambah pundi-pundi.

Komentar