IBL

Piala Presiden Basket 2019 akan berlangsung di Sritex Arena, Solo, pada 20-24 November mendatang. Pesertanya adalah sembilan kontestan IBL 2020. Piala Presiden ini juga berguna untuk sosialisai Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia Basket 2023 mendatang.

Sembilan kontestan IBL yang menjadi peserta Piala Presiden adalah Satria Muda Pertamina Jakarta, Pelita Jaya Basketball Club, Pacific Caesar Surabaya, Bima Perkasa Yogyakarta, Amartha Hangtuah, Satya Wacana Salatiga, Prawira Bandung, NSH Jakarta, dan tim baru Louvre Surabaya. Tak tanggung-tanggung, panitia Piala Presiden menyediakan total hadiah sebesar Rp. 375 juta.

"Ini akan menjadi hadiah terbesar di ajang basket nasional. Dalam penyelenggaraan ini kami berkordinasi dengan IBL bukan hanya penyusunan jadwal saja, tapi yang penting juga bekerjasama untuk melibatkan klub profesional di liga tertinggi dan menjadikan ini sebagai ajang pemanasan jelang musim 2020 mendatang," ujar Cahyadi Wanda, Ketua Organizing Committee Piala Presiden.

Piala Presiden digelar usai IBL Rookie Draft 2019. Ini agar memaksimalkan para potensi pemain muda yang ada di setiap tim. Panitia juga mengeluarkan aturan untuk tidak memainkan pemain naturalisasi maupun pemain asing. Dengan begitu, para ruki memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan lebih banyak jam terbang sebelum memulai musim reguler mereka awal 2020 mendatang.

Panitia mengeluarkan peraturan melarang tampilnya pemain naturalisasi, minggu lalu. Ini merujuk peraturan IBL yang menyatakan bahwa pemain asing sama dengan pemain naturalisasi. 

"Kami sengaja menggelar setelah IBL Draft, agar tim menggunakan pemain ruki di Piala Presiden," sambung Cahyadi. "Soal pemain naturalisasi, kalau di IBL Draft sama saja dengan pemain asing."

Piala Presiden Basket 2019 menggunakan sistem setengah kompetisi. Sembilan tim dibagi menjadi tiga grup pada babak penyisihan. Juara grup dan runner-up terbaik akan lolos ke babak semifinal. Baru di babak ini hingga final menggunakan sistem gugur.

Pembagian grup babak penyisihan Piala Presiden Basket 2019 sebagai berikut:

Grup A

1. Satya Wacana Salatiga

2. Pacific Caesar Surabaya

3. Amartha Hangtuah

Grup B

1. Pelita Jaya Basketball Club

2. Bima Perkasa Yogyakarta

3. NSH Jakarta

Grup C

1. Satria Muda Pertamina Jakarta

2. Louvre Surabaya

3. Prawira Bandung

 

Berikut Jadwal Lengkap Piala Presiden Basket 2019:

Foto: IBL Indonesia 

Komentar