IBL

Rui Hachimura gagal mengantarkan Jepang ke babak penyisihan putaran dua di Piala Dunia 2019. Namun, tim nasional Negeri Sakura itu masih akan tampil untuk menentukan peringkatnya di tingkat dunia. Mereka mesti menghadapi Selandia Baru (7 September 2019) dan Montenegro (9 September 2019).

Sayangnya, Hachimura sendiri tidak akan tampil di sisa dua pertandingan itu. Jepang memutuskan untuk menariknya dari lapangan untuk menjaga kesehatannya. Mereka hendak melakukan pengaturan beban kerja atau biasa disebut load management.

Jepang bekerja sama dengan Washington Wizards, klub Hachimura di NBA, untuk melakukan itu. Mereka tidak ingin sang pemain terlalu terbebani dengan pertandingan di Piala Dunia. Apalagi mengingat perjalanan panjang Hachimura yang baru saja melalui berbagai kegiatan, seperti NCAA, NBA Draft, dan NBA Summer League.

Kegiatan-kegiatan tersebut tentu saja menguras tenaga Hachimura. Ia bahkan mengalami kelelahan pada kakinya. Lututnya terasa tidak nyaman.

“Sementara semua orang berharap Rui menyelesaikan Piala Dunia dengan Jepang, Wizards dan Japan Basketball percaya bahwa yang terbaik bagi Rui adalah tidak memainkannya di dua pertandingan terakhir dan memberinya waktu istirahat singkat sebelum memulai kamp latihan NBA dengan Wizards yang dimulai hanya tiga minggu dari sekarang,” ujar pihak Japan Basketball Association (JBA) dalam pernyataan resminya per NBA.com.  

Kendati begitu, Wizards dan JBA akan terus bekerja sama dalam pengembangan jangka panjang. Mereka ingin mengolah bakat Rui di NBA sambil mengarahkannya untuk ikut tampil di Olimpiade 2020. Sebab, Jepang tahun depan akan menjadi tuan rumah.

Sementara itu, Hachimura menerima semua keputusan. Apalagi itu untuk dirinya sendiri. Ia mengaku akan terus mempercayai Wizards dan JBA.

“Saya suka tim Jepang. Ini adalah keputusan yang sulit untuk Wizards, Japan Basketball, dan saya sendiri,” kata Hachimura. “Saya masih belajar tentang menjaga tubuh saya dan percaya bahwa Wizards dan Japan Basketball melakukan segala yang mereka bisa untuk membantu saya menjadi yang terbaik untuk NBA dan Olimpiade 2020.”

Setelah ini, Hachimura akan kembali ke pangkuang Wizards untuk menjalani pemeriksaan kesehatan. Mereka hendak memastikan sang pemain baik-baik saja. Kamp latihan akan dimulai kurang-lebih sebulan lagi. Sementara NBA 2019-2020 dimulai pada Oktober mendatang. Hachimura harus siap secara fisik. (put)

Foto: NBA

Komentar