IBL

Satria Muda Pertamina Jakarta kembali mengukuhkan diri sebagai juara IBL Go-Jek 3x3 Basketball Indonesia Tour 2019. Mereka juara setelah melewati laga klasik melawan rival abadi, Stapac Jakarta, di Seri III Yogyakarta. Satria Muda menang 21-12 di Jogja City Mall, Yogyakarta, Minggu 21 Juli 2019.

Laurentius Steven, forwarda Satria Muda, menjadi pencetak angka terakhir mereka di pertandingan itu. Tembakannya membuat tim asal Jakarta tersebut mampu menyegel kemenangan. Laurentius bersama tiga rekannya—Muhammad Sandy, Audy Bagastyo, dan Kevin Yonas—pun bersuka cita.

Perjalanan Satria Muda di seri ketiga cukup mulus. Mereka hanya kalah sekali dari total tujuh pertandingan selama dua hari. Satria Muda bahkan mampu menjadi pemuncak Grup B di babak penyisihan kemarin.

Pada hari kedua, Satria Muda mengalahkan setidaknya tiga tim, termasuk Stapac di final. Dua lainnya adalah Prawira Bandung (semifinal) dan Pacific Caesar Surabaya (delapan besar).

Dengan gelar juara itu, Satria Muda berarti sudah menjadi juara dalam dua seri. Mereka sebelumnya menyabet gelar itu di Seri II Bali. Saat itu Satria Muda menumbangkan Pelita Jaya Basketball Club.

Satria Muda sebenarnya bisa saja menyabet gelar juara tiga kali beruntun sejak Seri I Cirebon. Namun, mereka kalah dari Pelita Jaya di seri pertama. Oleh karena itu, Satria Muda pun berusaha untuk tidak kalah lagi di seri-seri berikutnya, termasuk Seri IV Bandung nanti.

Selain Satria Muda (Elite), beberapa tim di kategori berbeda juga menyabet gelar juara. BBM menjadi juara kategori Open Men. Insto juara Open Women. Sementara RIM juara U-18 Boys.

Selanjutnya IBL akan menggelar 3x3 di Bandung. Tim-tim IBL seperti Satria Muda akan kembali memperebutkan gelar juara. Mereka mengumpulkan poin sebanyak mungkin agar bisa tampil di Seri Final. Pemenang tur ini nantinya bakal mewakili Indonesia dalam ajang FIBA World Tour Master di Jeddah. (put)

Foto: Hariyanto

Komentar