IBL

Breanna Stewart telah melewati musim terbaiknya di WNBA pada 2018. Ia berhasil meraih gelar juara sekaligus pemain terbaik dan pemain terbaik final. Stewart memborong semua untuk menghiasai lemari prestasinya di WNBA.

Stewart belakangan bahkan berhasil menyabet satu gelar lagi. ESPYS menganugerahinya gelar atlet WNBA terbaik di Microsoft Theater, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Rabu 10 Juli 2019 waktu setempat. Stewart tampaknya tidak bisa berhenti berprestasi.

Pemain Seattle Storm tersebut saat itu menyingkirkan Candace Parker (Los Angeles Sparks), Diana Taurasi (Phoenix Mercury), dan Elena Delle Donne (Washington Mystics). Para penggemar memilihnya untuk mendapatkan gelar atlet WNBA terbaik versi ESPYS. Mereka tahu Stewart berhak atas gelar itu mengingat kiprahnya musim lalu.

Selain gelar atlet WNBA terbaik, Stewart juga masuk nominasi atlet perempuan terbaik versi ESPYS. Namun, ia kalah dari Alex Morgan, penggawa tim nasional Amerika Serikat. Morgan menyingkirkan Stewart dan dua atlet lainnya: Simone Biles (gimnastik) dan Mikaela Shiffrin (ski).

Meski begitu, masuknya Stewart ke dalam dua nominasi menegaskan kehebatannya di dunia olahraga. Ia mendapat perhatian dari banyak orang berkat kiprahnya selama ini, terutama musim lalu.  

Stewart tampil dalam 34 pertandingan pada 2018. Semuanya sebagai starter. Ia mencetak rata-rata 20 poin, 8,4 rebound, 2,5 asis, 1,3 steal, dan 1,4 blok. Persentase tembakan keseluruhannya mencapai 52,9 persen.

Kendati demikian, nasib Stewart sangat malang pada 2019. Ia mengalami cedera Achilles ketika membela Dynamo Kursk, klub asal Rusia, yang berlaga di EuroLeague. Akibatnya, ia tidak bisa tampil sampai 2020. Storm pun terpaksa melepasnya.

WNBA kemudian merekrut Stewart sebagai duta liga. Mereka tahu sang pemain memiliki nilai sebagai wajah liga bola basket perempuan di Amerika Serikat.

Dengan peran itu, Stewart tidak benar-benar berhenti dari segala macam kegiatan. Ia belakangan sibuk dengan rehabilitasi dan tugasnya sebagai seorang duta. (put)

Foto: breannastewart.com

Komentar