IBL

Earvin “Magic” Johnson dan Larry Bird akan menerima penghargaan Lifetime Achievement Award. Dua sahabat sekaligus seteru yang populer pada 1980-an itu akan menerima penghargaan pada 24 juni mendatang. Mereka akan menerimanya dalam acara NBA Award.

Penghargaan nanti sekaligus juga mengingat 40 tahun rivalitas keduanya sejak final NCAA 1979. Magic bersama Michigan State mengalahkan Bird yang kala itu membela Indiana State. Pertandingan itu menjadi siaran dengan rating tertinggi dalam sejarah bola basket kampus.

Persaingan Magic dan Bird kemudian berlanjut ke NBA. Keduanya membela klub berbeda dengan sejarah rivalitas yang kuat. Magic membela Los Angeles Lakers sementara Bird membela Boston Celtics.

Lakers merengkuh lima gelar juara NBA pada 1980-an. Celtics hanya tiga. Magic punya gelar lebih banyak. Namun, rivalitas tetap di lapangan. Di luar itu keduanya berteman baik. Mereka bahkan membantu NBA mempopulerkan bola basket ke seluruh dunia.

Magic dan Bird kemudian masuk ke jajaran 50 pemain terbaik. Mereka menjadi Hall of Famer dua kali. Satu sebagai pemain, satu lagi sebagai anggota tim nasional Amerika Serikat berjuluk Dream Team.

Meski sudah pensiun, Magic dan Bird juga masih berkecimpung di dunia bola basket. Mereka bahkan sempat menduduki jabatan eksekutif klub. Magic, misalnya baru saja mengundurkan diri sebagai presiden klub Lakers. Bird mendapat gelar eksekutif terbaik NBA 2012 ketika menangani Indiana Pacers.

Dewasa ini keduanya sibuk kembali mengurus bisnisnya masing-masing. Mereka akan bertemu pada Juni mendatang untuk menerima penghargaan yang sama. (GNP)

Foto: NBA 

Komentar