IBL

Indonesian Basketball League (IBL) 2018-2019 sudah memasuki fase-fase akhir. Empat tim akan berlaga di semifinal. Mereka adalah NSH Jakarta, Stapac Jakarta, Satria Muda Pertamina Jakarta, dan Pacific Caesar Surabaya. Babak semifinal akan berlangsung mulai 8 hingga 10 Maret 2019 di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro (GMSB), Kuningan, Jakarta Selatan.

GMSB Kuningan dipilih sebagai arena untuk semifinal karena dianggap tempat yang netral bagi keempat kontestan. "Itu tempat yang paling netral bagi tim-tim yang masuk semifinal. Semua tim sudah setuju dengan tempat penyelenggaraannya," kata Hasan Gozali, Direktur IBL.

Untuk jadwal pertandingan juga sudah diumumkan. Semifinal musim ini tetap menggunakan sistem best-of-three. Keempat tim harus bisa meraih dua kemenangan untuk lolos ke final.

Berikut Jadwal Pertandingan Semifinal IBL 2018-2019:

NSH Jakarta sebagai pemimpin klasemen Divisi Merah sudah siap menghadapi Satria Muda Pertamina Jakarta. Sebelumnya, Satria Muda menumbangkan Bima Perkasa Yogyakarta dengan skor 2-0, di Playoff Putaran Pertama, di Hi-Test Arena, Batam.

NSH musim ini tampil meyakinkan di musim reguler. Mereka mengumpulkan 12 kemenangan dari 18 laga. Ini menjadi sejarah bagi tim NSH, sekaligus untuk basket Indonesia. Sebab, NSH baru pertama kali lolos playoff sejak mengikuti liga profesional pada musim 2011-2012. Mereka tidak hanya lolos playoff, namun langsung menembus babak semifinal.

Sementara jalan Satria Muda musim ini kurang mulus di musim reguler. Mereka terseok-seok di tengah musim. Satria Muda mengumpulkan sembilan kemenangan dari 18 laga. Tapi di playoff, Satria Muda menunjukkan mental juara. Mereka bisa memulangkan Bima Perkasa dengan dua kali kemenangan.

Untuk Divisi Putih, Stapac sangat dominan. Bahkan bisa dikatakan tim paling dominan di liga. Stapac hanya kalah sekali dari 18 laga musim reguler. Mereka menyerah dari Siliwangi Bogor di pertandingan perdana. Selanjutnya, Stapac tidak pernah kalah hingga musim reguler berakhir.

Menariknya, lawan Stapac di semifinal justru Pacific Caesar Surabaya. Tim asuhan Kencana Wukir itu mengukir sejarah dengan lolos ke semifinal mengalahkan Pelita Jaya Basketball Club. Ini menjadi catatan terburuk Pelita Jaya selama empat musim terakhir. Pacific berhasil menang 2-0 atas Pelita Jaya di Hi-Test Arena, Batam. Ini akan menjadi penampilan perdana Pacific di semifinal IBL setelah kembali ke liga profesional sejak musim 2011-2012.

(tor)

Foto: Hariyanto

Komentar