IBL

Pacific Caesar Surabaya mencetak sejarah baru. Mereka lolos ke semifinal IBL 2018-2019. Tidak tanggung-tanggung, Pacific menumbangkan Pelita Jaya Basketball Club dengan keunggulan 2-0. Di laga terakhir, Sabtu, 2 Maret 2019, Pacific menang 67-66 atas Pelita Jaya. Untuk pertama kalinya dalam tiga musim terakhir, Pelita Jaya gugur di playoff putaran pertama.

Kunci kemenangan Pacific atas Pelita Jaya di dua laga playoff adalah kesabaran. Mereka bermain dengan tempo lambat, dan berhasil menurunkan akurasi lawannya. Di laga kedua, Qa'rraan Calhoun mencetak 20 poin dan 16 rebound, Jjuan Hadnot menambahkan 15 poin dan 13 rebound. Sedangkan Oki Arista menyumbang 10 poin. Sementara di kubu Pelita Jaya, Carlton Hurst mencetak 17 poin dan 14 rebound.

"Ini memang waktunya Pacific Caesar. Para pemain melakukan tugasnya dengan baik. Saya rasa konsistensi yang membuat kami bisa mengalahkan Pelita Jaya," kata kepala pelatih Pacific, Kencana Wukir. 

Playoff putaran pertama untuk Divisi Putih memang menarik. Sebab kedua tim sama-sama kehilangan pemain sebelum playoff. Pelita Jaya tidak bisa memainkan Andakara Prastawa karena cedera lutut, lalu Xaverius Prawiro terpaksa absen karena mendapatkan hukuman dari liga. Sementara di kubu Pacific, Indra Muhammad dan Yerikho Tuasela juga tidak bermain karena dihukum oleh timnya sendiri. Kedua pemain dianggap indisipliner.

Pacific berangkat ke Batam berbekal 10 pemain saja. Bahkan di dua laga playoff, Pacific hanya bermain dengan delapan pemain. Oki Indra Hidayat dan Yonatan tidak dimainkan di dua laga tersebut. Kedisiplinan dan kesabaran pemain Pacific berbuah manis. Mereka lolos ke semifinal untuk pertama kalinya sejak kembali ke liga profesional di musim 2011-2012.

Setelah memastikan lolos, Pacific harus bersiap menghadapi Stapac Jakarta, sebagai pemimpin klasemen Divisi Putih. Untuk kesekian kalinya, Pacific dan Stapac bertemu di babak playoff. Stapac pernah mengalahkan Pacific di playoff putaran pertama IBL musim 2016-2017 dan 2017-2018. Namun kali ini berbeda, Stapac dan Pacific akan berjumpa di babak semifinal. (tor)

Foto: Hariyanto

Komentar