IBL

Ada dua peristiwa istimewa yang terjadi di Staples Center, Kamis malam, waktu Amerika Serikat. Pertama, LeBron James dan Los Angeles Lakers bisa menang 121-114 atas Denver Nuggets, sekaligus menghentikan rekor belum terkalahkan yang sebelumnya dicetak tim tersebut. Kedua, kemenangan istimewa ini disaksikan oleh legenda hidup Lakers, Kobe Bryant.

Menarik bila menyaksikan dua legenda hidup NBA berada dalam satu gedung bersejarah. Kobe melihat Lakers yang kini dipimpin oleh LeBron James. Kobe terlihat antusias menyaksikan pertandingan ini. Sesekali Kobe berdiri untuk memberikan semangat kepada tim yang membesarkan namanya itu.

Ada cerita menarik menyertai kepindahan LeBron ke Lakers. Seorang seniman lokal di Los Angeles menggambar mural wajah LeBron. Ternyata gambar-gambar tersebut ada yang merusaknya. Memang tidak jelas motif perusakan tersebut, namun yang pasti ada mural yang menggambarkan bahwa "LeBron adalah Raja L.A". Diduga mereka yang merusak adalah penggemar Kobe Bryant.

Kenyataannya, LeBron menyatakan tidak ingin melampaui rekor Kobe Bryant. Dia tidak ingin merusak pencapaian Kobe, khususnya di Lakers. Kobe sudah memenangkan lima gelar juara NBA bersama Lakers. Di laga terakhirnya, Kobe mencetak 60 poin.

Disamping cerita menarik tentang Kobe dan LeBron, ternyata pertandingan ini berjalan menarik. Lakers mendapatkan kepercayaan diri setelah menang atas Phoenix Suns, 131-113, pada hari sebelumnya. Sedangkan Nuggets ingin memperpanjang rekor 4-0 yang sudah didapatkan di awal musim ini.

Hingga kuarter ketiga berakhir, Lakers tertinggal 87-89. Lakers di bawah tekanan ketika tripoin Monte Morris membuat Nuggets memimpin 106-98. Di lima menit terakhir, Lakers mendapatkan momentum kebangkitan. Mereka mencetak 9-0 termasuk tripoin Lonzo Ball. Lakers berbalik unggul 113-108. Sejak itu, Lakers bisa mempertahankan keunggulan hingga menang 121-114.

LeBron mencetak 28 poin, 11 rebound dan 11 asis. Catatan tersebut merupakan triple-double ke-74 LeBron sepanjang karirnya di NBA sekaligus triple-double pertamanya bersama Lakers. Kyle Kuzma tampil luar biasa dengan mencetak 22 poin, kemudian JaVale McGee menambahkan 21 poin.

Berikutnya, Lakers akan melawan San Antonio Spurs, Sabtu malam, waktu Amerika Serikat.(*)

Foto: nba.com/lakers

Komentar