IBL

Laga terakhir babak penyisihan grup D mempertemukan Cina dengan Kazakhstan di Hall Basket GBK, Kamis, 23 Agustus 2018. Cina menutup laga dengan kemenangan 83-66.

Liu Xiazhuan keluar sebagai top skor pertandingan dengan mencetak 18 poin, 5 rebound, dan 6 asis. Ding Yanyuhang menyusul dengan 14 poin dan 3 asis. Zhao Ri melengkapi daftar pemain dengan poin digit ganda setelah mengemas 11 poin dan 3 rebound. Kubu Kazakhstan menghadirkan dua pemain yang mencetak poin dengan digit ganda. Kapten, Rustam Yergali mencetak 15 poin dan 7 asis sementara Anton Bykov mengemas 12 poin dan 6 rebound.

Kuarter pembuka berlangsung sengit dengan Kazakhstan mengambil inisiatif serangan. Salah satunya melalui tripoin pemain bernomor punggung 17, Alexandr Zhigulin. Sayangnya, Kazakhstan justru banyak melakukan kesalahan saat bertahan yang berbuah team foul hanya dalam empat menit bermain. Kesempatan itu tak disia-siakan oleh Cina untuk menutup kuarter pertama dengan keunggulan 26-18.

Kazakhstan kembali memberi tekanan berarti bagi Cina. Cina bahkan baru bisa mencetak angka di dua setengah menit kuarter berjalan. Itupun berasal dari dua lemparan gratis. Kazakhstan yang bermain dengan banyak kontak fisik dan tusukan-tusukan ke dalam area kunci mamaksa Cina banyak melakukan pelanggaran. Dua senter andalan Cina, Zhou Qi dan Wang Zhelin bahkan sudah mengantongi empat foul di kuarter ini. Hal tersebut dimanfaatkan dengan apik oleh Kazakhstan memasukkan 4 dari 6 tembakan gratis dan menipiskan ketinggalan mereka menjadi 38-37.

Mulai terkejar, Cina justru tampil membaik di kuarter ketiga. Ding Yanyuhang dan Abudushalamu Abudurexiti menjadi motor serangan kali ini. keduanya bergantian mengeksploitasi pertahanan Kazakhstan melalui penetrasi-penetrasi mereka. Dalam sekejap mata, Cina sudah unggul 20 poin dan menutup kuarter tiga dengan 69-49.

Cina sama sekali tak terkejar di kuarter akhir. Jarak keunggulan yang terlalu lebar di kuarter ketiga membuat Kazakhstan bak kucing yang mengejar ekornya. Tak sekalipun mereka mendekat dan Cina melaju mulus menutup laga dengan kemenangan 83-66.

“Zhou Qi dan Wang Zhelin melakukan banyak sekali pelanggaran di paruh pertama dan kami kehilangan banyak rebound. Selain itu, Kazakhstan juga memaksa kami melakukan tembakan-tembakan sulit. Di jeda babak, pelatih meminta kami bermain lebih keras dan ngotot, hasilnya kami berhasil memperlebar jarak dan menang,” ujar Abudushalamu Abudurexiti seusai laga.

Kemenangan ini membuat Cina dipastikan menjadi juara grup D dengan dua kali kemenangan dari dua laga. Cina ditemani Filipina lolos ke babak delapan besar. Cina akan menghadapi peringkat kedua dari grup A yang diperebutkan oleh Thailand dan tuan rumah, Indonesia. Partai tersebut akan digelar Senin, 27 Agustus 2018.

Menanggapi partai selanjutnya, Abudurexiti mengungkapkan bahwa timnya siap menghadapi siapa saja. “Kami belum tahu siapa lawan kami selanjutnya. Kini kami harus fokus pada diri kami sendiri dan siap menghadapi siapapun.”

Foto: Hariyanto

 

Komentar