IBL

Pertandingan pertama basket Asian Games 2018 berlangsung seru. Taiwan mampu bangkit dari tekanan dan bisa mengalahkan Jepang dengan skor 71-65, Selasa, 14 Agustus 2018. Meski belum resmi dibuka, tetapi keseruan Asian Games sudah bisa dirasakan. Termasuk di GBK - Basketball Hall tempat gelaran cabang olahraga basket.

Taiwan dan Jepang sama-sama masih canggung di kuarter pertama. Mereka saling meraba kekuatan masing-masing. Tapi Jepang lebih dulu unggul 17-11 di kuarter pertama. Selanjutnya, Jepang memberikan tekanan di kuarter kedua. Mereka bisa menutup kuarter kedua dengan keunggulan 37-30 lewat dua poin dari Takuya Hashimoto.

Lepas dari ruang ganti, Taiwan memperlihatkan permainan yang luar biasa. Tim asuhan Kepala Pelatih Charles Henry Parker dari Amerika Serikat bisa membuka pertahanan tim Jepang. Mereka bisa membuat ruang tembak dan memasukkan empat tripoin di kuarter ketiga. Taiwan menambahkan 29 poin dan membalik keadaan menjadi 59-53.

Jepang memang belum menyerah di kuarter keempat. Tetapi Taiwan sudah mengunci kemenangan di sisa satu menit pertandingan. Douglas Creighton memasukkan tembakan tripoin yang membuat Taiwan memimpin 70-64. Pertandingan pun berakhir dengan kemenangan Taiwan.

Kapten tim Taiwan, Yingchun Chen menjadi pencetak poin terbanyak dengan 18 poin, disusul Cheng Liu yang menambahkan 14 poin. Sedangkan di kubu Jepang, ada Tenketsu Harimoto yang menyumbangkan 12 poin, lalu Takuma Sato dan Takuya Hashimoto masing-masing mencetak 10 poin.

"Ini pertandingan pembuka yang berat untuk kami. Kami bermain terlalu pagi, dan belum cukup waktu untuk beristirahat. Tapi tim kami segera bangkit dan mampu menguasai keadaan," kata Douglas Creighton usai pertandingan.

Douglas mengaku sangat menikmati pertandingan pertama di Asian Games ini. Ia merasakan bahwa arena sudah disiapkan dengan baik. Tetapi ada yang kurang yaitu pendukung Taiwan.

"Ya, semua bagus, lapangan bagus, cahaya lampu bagus, saya rasa ini sudah disiapkan dengan baik. Kota ini menarik, saya merasa nyaman, bahkan dengan beberapa kemacetan lalu lintas yang saya alami selama di sini. Tetapi yang pasti saya dan teman-teman merasa ada yang kurang, yaitu pendukung kami. Mungkin dengan adanya pendukung, kami akan lebih bersemangat," ucapnya.

Selanjutnya, Taiwan akan berhadapan dengan Hong Kong, Senin, 20 Agustus. Sedangkan Jepang bertanding melawan Qatar hari Kamis, 16 Agustus mendatang. (*)

Foto: Hariyanto

Komentar