ABL

SRIKANDI

Timnas Basket Indonesia akan berlaga di Pra-Kualifiasi Piala Asia FIBA atau FIBA Asia Cup 2021 Wilayah Asia Tenggara. South East Asia Basketball Association (SEABA) sudah merilis jadwal pertandingan. Indonesia akan melawan lima negara yaitu Malaysia, Thailand, Brunei, Kamboja dan Singapura. Perhelatan ini akan berlangsung di Nonthaburi, Thailand pada 26-30 Juni 2018 mendatang.

Sebelum tahu lebih jauh tentang timnas Indonesia yang akan berangkat ke Thailand. Kita akan membahas turnamen Piala Asia FIBA lebih dulu. FIBA Asia Cup atau Piala Asia FIBA dulu dikenal dengan FIBA Asia Championship. Turnamen ini menjadi pertarungan tim nasional basket di kawasan Asia yang digelar empat tahun sekali. Turnamen tersebut sekaligus menjadi kualifikasi tim-tim Asia untuk ikut di Piala Dunia FIBA dan Olimpiade. Pada tahun 2017, turnamen ini berubah nama menjadi Piala Asia FIBA atau FIBA Asia Cup. Kemudian jumlah peserta bertambah karena masuknya negara dari wilayah Oceania.

Sesuai dengan kalender FIBA yang sudah disepakati sejak 2017 lalu, pra-kualifikasi dan babak kualifikasi semua wilayah atau zona untuk Piala Asia 2021 digelar tahun 2018. Pra-kualifikasi yang berlangsung 2018 ini sekaligus menyaring peserta yang akan lolos ke Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2019 untuk wilayah Asia. Format ini membuat semua negara di kawasan Asia punya program yang jelas untuk empat tahun ke depan.

Turnamen Piala Asia sudah dimulai sejak 1960. Tim Indonesia selalu ikut kejuaraan yang sudah berlangsung 29 edisi tersebut. Tetapi Indonesia hanya beberapa kali lolos ke babak utama. Selebihnya, Indonesia tak lolos di fase kualifikasi. Kiprah terakhir Indonesia di babak utama Piala Asia FIBA terjadi tahun 2014. Saat itu Indonesia diwakili oleh tim Aspac Jakarta dan bertanding di Wuhan, Cina pada 11-19 Juli 2014.

Edisi terakhir Piala Asia digelar tahun 2017 dengan tuan rumah Lebanon. Turnamen ini diikuti 16 negara yang berlangsung 8-20 Agustus 2017. Autralia menjadi juara setelah mengalahkan Iran, 79-56, di babak final. Pada edisi tersebut, Filipina menjadi wakil wilayah Asia Tenggara. Ini karena mereka berhasil menjuarai turnamen SEABA Championship di Quenzon City, 12-18 Mei 2017. Di babak final, Filipina mengalahkan Indonesia dengan skor 97-64. Tim Indonesia saat itu dipimpin oleh Kepala Pelatih Wahyu Widayat Jati. Sebab mereka disiapkan untuk mengikuti SEA Games 2017 Kuala Lumpur.

Bergeser ke Piala Asia FIBA 2021. Meski belum ditentukan waktu dan tempat penyelenggaraan, namun beberapa zona atau wilayah FIBA Asia akan menggelar babak pra-kualifikasi akhir bulan ini. Wilayah Asia Barat atau yang lebih dikenal dengan Gulf Region berlangsung 27-30 Juni di Uni Emirat Arab. Kemudian Southeast Asia atau dengan nama lain SEABA, digelar 26-30 Juni di Thailand. Lalu wilayah Asia Selatan dan Asia Tengah akan memulai pra-kualifikasi pada 28 Juni mendatang.

Khusus untuk wilayah Asia Tenggara atau SEABA, diikuti oleh enam negara. Antara lain, Brunei, Kamboja, Malaysia, Singapura, Thailand dan Indonesia. Turnamen ini menggunakan format round-robin. Empat tim terbaik akan lolos ke babak kedua atau kualifikasi wilayah Asia Tenggara pada bulan September mendatang.

Ada 12 pemain yang akan diberangkatkan ke Thailand, akhir bulan nanti. Berikut daftar pemain timnas Indonesia di SEABA Pra-Kualifikasi Piala Asia 2021;

1. Kaleb Ramot Gemilang
2. Abraham Damar Grahita
3. Andakara Prastawa Dhyaksa
4. Sandy Febiansyakh Kurniawan
5. Kevin Yonas Argadiba Sitorus
6. Ponsianus Nyoman Indrawan
7. Firman Dwi Nugroho
8. Valentino Wuwungan
9. Xaverius Prawiro
10. Arki Dikania Wisnu
11. Juan Laurent Kokodiputra
12. Jamarr Andre Johnson

Mereka akan dipimpin oleh Kepala Pelatih Fictor Gideon Roring yang didampingi oleh asisten pelatih Johannis Winar dan Youbel Sondakh.

"Tim ini sudah terbentuk dan mereka adalah pemain yang ikut berlatih di Amerika Serikat, sekaligus tim yang kami persiapkan untuk Asian Games nanti. Soal target, kami ingin lolos kualifikasi ini dulu, artinya harus bisa menempati empat besar," kata Coach Ito, sapaan akrab Kepala Pelatih Timnas Indonesia.

Hal senada diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal PP Perbasi, Budi Djiwandono. Timnas Indonesia memikul tugas berat di turnamen SEABA tahun ini. Sebab ini juga menjadi seleksi untuk menuju Piala Dunia FIBA 2019 mendatang.

"Target kami tentu mencapai prestasi setinggi-tingginya. Kalau bisa Indonesia menjadi juara," tegas Budi.

Berikut jadwal pertandingan SEABA Pra-Kualifikasi Piala Asia 2021 di Thailand, 26-30 Juni 2018;

Foto: fiba.com

Komentar