ABL

Produsen busana pria Hugo Boss membuat inovasi dengan memproduksi sepatu yang menggunakan bahan organik 100 persen. Uniknya, bahan atas sepatu terbuat dari Pinatex, serat kulit hasil pengolahan daun nanas yang tidak terpakai. Pengolahan ini sekaligus mengumumkan, merek asal Jerman itu mendukung gaya hidup vegan.

Edisi terbatas ini mereka namakan “BOSS” dengan menggaungkan slogan "innovation meets responsible design" (inovasi beradu dengan desain yang tidak merugikan). Bagian atas terbuat dari Pinatex, tali sepatu terbuat dari katun organik, dan bagian sol terbuat dari plastik TPU (Thermoplastic Polyutherane) yang bisa diolah kembali.

Menurut rilis pers, bagian utama sepatu ini ada di bagian atas (upper) sepatu. Mereka mengumpulkan daun-daun tidak terpakai dari para petani nanas di kawasan Eropa dan Asia sebelum mengolahnya menjadi Pinatex. Hal itu bisa jadi pendapatan lain bagi petani karena Hugo Boss tidak mengambilnya secara cuma-cuma.

Sebelum Hugo Boss, dunia sneaker telah dimanjakan dengan produk-produk vegan. Hal itu dimulai pada 2004 ketika Macbeth memproduksi sneaker tanpa menggunakan bahan hewani. Dilanjutkan dengan inovasi Tom’s, Birkenstock, Emerica, Etnies, Onitsuka Tiger, dan lain sebagainya. Dua bulan lalu, firma desain asal Amsterdam membuat sepatu hasil pengolahan sampah permen karet. Yang terbaru, kolaborasi Converse dengan Miley Cyrus menghadirkan koleksi vegan yang terdiri dari sepatu, baju, dan aksesori.

Foto: Hugo Boss

Komentar