IBL

Perjalanan Minnesota Timberwolves dan Toronto Raptors di musim 2017-2018 ini sama-sama telah berakhir. Timberwolves hanya bertahan di putaran pertama NBA Playoff setelah takluk 4-1 dari Houston Rockets. Sementara Raptors kembali tak berkutik menghadapi LeBron James (baca: Cleveland Cavaliers) di semifinal Wilayah Timur.

Kegagalan tersebut membawa keduanya masuk lingkaran rumor pertukaran pemain. Dilansir The Athletic, Raptors terbuka dengan kemungkinan pertukaran semua aset mereka tanpa terkecuali DeMar DeRozan. Kegagalan tiga musim beruntun Raptors di playoff dianggap sebagai batas akhir kesabaran manajemen kepada DeRozan.

Setali tiga uang, Timberwolves juga dikabarkan sudah memberikan waktu yang cukup bagi Wiggins untuk berkembang. Wiggins sudah bermain empat musim di Timberwolves dan hanya mampu lolos ke babak playoff sekali. Kehadiran Jimmy Butler juga memperkeruh keaadan Wiggins di dalam tim. Butler yang dekat dengan Kepala Pelatih Tom Thibodeau langsung didapuk sebagai pilihan utama serangan yang berujung pada menurunnya performa Wiggins dan bintang muda Timberwolves lainnya, seperti Karl-Anthony Towns.

Kondisi di atas membuat spekulasi pertukaran melibatkan kedua tim dan pemain tersebut mencuat. The Athletic bahkan meyakini faktor usia dan asal negara Wiggins menjadi daya tarik sendiri bagi Raptors. Wiggins adalah warga negara Kanada yang masih berusia 23 tahun. Belum lagi banyaknya penggemar Raptors yang mengharapakannya pulang ke Kanada untuk membela tim dengan lambang dinosaurus ini.

Meski secara statistik musim ini DeRozan lebih baik dari Wiggins, Wiggins yang masih berusia 23 tahun dirasa masih punya banyak waktu untuk selevel dengan DeRozan. Apalagi bila keduanya dibandingkan dalam empat musim pertama mereka, Wiggins jauh lebih baik dari DeRozan.

Satu-satunya permasalahan yang mungkin timbul dari kemungkinan pertukaran ini adalah gaya bermain keduanya. Baik DeRozan ataupun Wiggins sama-sama dikenal dengan kemampuan menembak jarak menengah dan permainan pos (post play) mereka. Kemampuan menembak tripoin mereka bisa dibilang biasa saja bahkan cenderung buruk. Rata-rata akurasi tripoin di NBA musim ini adalah di angka 36 persen. Wiggins yang memasuki musim keempatnya di NBA memiliki rataan akurasi tripoin di angka 33 persen sementara DeRozan yang sudah sembilan musim bermain di NBA hanya 29 persen.

Bila terjadi, pertukaran kedua pemain ini dirasa cukup tepat baik bagi pemain atau tim masing-masing. Meski terlihat memiliki gaya bermain yang sama, lingkungan dan pola permainan yang berbeda sangat mungkin membuat keduanya berkembang lebih baik di masa mendatang.

Foto: Getty Images

Komentar