IBL

Sejak 1949, NBA (sebelumnya BAA pada 1946) telah menelurkan banyak pemain-pemain bergelar juara. Sejak itu pula generasi-generasi telah banyak berganti. Dari era Wilt Chamberlain versus Bill Russell ke dinasti Michael Jordan, sampai kini anak-anak penggemar NBA berteriak Stephen Curry, perubahannya sulit disebutkan satu-satu.   

Kendati demikian, dari sekian banyak pergantian generasi, ada saja pasangan ayah-anak tumbuh di NBA. Pasangan itu tentu tidak semua memiliki nasib yang sama. Ada yang sekadar sama-sama tampil di NBA, ada pula yang salah satunya bersinar tetapi lainnya jauh panggang dari api. Namun, Mainbasket menemukan empat pasangan yang berhasil meraih gelar bergengsi yang sama: juara NBA.   

Matthew Guokas Sr. Dan Matthew Guokas Jr.

Matthew Guokas Sr. (kiri) memegang seragam Matthew Guokas Jr. (tengah) ketika Philadelphia 76ers resmi memilihnya di NBA Draft 1966. Foto: Philadelphia Evening

 

Matt Sr. sebenarnya tidak pernah menjuarai NBA. Ia justru juara ketika bermain di BAA (Basketball Association of America). Namun, jika merujuk pada sejarahnya, BAA merupakan nama lain NBA sebelum berubah pada 1949. Jadi, pada dasarnya ini liga yang sama.

Matt Sr. menjadi juara ketika membela Trenton Tigers, sebuah klub asal Trenton, New Jersey, Amerika Serikat, pada 1947. Ia menjadi juara setelah lawannya, Baltimore Bullets, mengundurkan diri karena  mengikuti World Professional Basketball Tournament. Otomatis, BAA memberikan gelar juara kepada Tigers.

Sementara itu, Matt Jr. menjadi pilihan kesembilan di ronde pertama pada NBA Draft 1966. Philadelphia 76ers memilihnya untuk kemudian bermain bersama para pemain senior seperti Wilt Chamberlain, Hal Greer, Chet Walker, dan Billy Cunningham.

Di musim perdananya, Matt Jr. pun keluar sebagai juara setelah timnya mengalahkan San Francisco Warriors. Namun, bukan itu saja bagian terbaiknya. Di musim itu pula Sixers berhasil menumbangkan dinasti juara delapan tahun beruntun Boston Celtics. Mereka mengalahkan Sang Juara Bertahan di final wilayah.

Maka, dengan dua gelar juara berbeda itu, Matt Sr. dan Matt Jr. menjadi duo ayah-anak pertama yang pernah juara di NBA.

Rick Barry dan Brent Barry

Brent Barry (kiri) berpose bersama ayahnya, Rick Barry (tengah), di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat. Foto: Getty Images

 

Richard Barry III alias Rick Barry merupakan legenda Golden State Warriors. Ia menjadi juara bersama tim itu pada 1975 setelah mengalahkan Washington Bullets. Saat itu, ia juga keluar sebagai pemain terbaik di final. Tidak heran jika kemudian Warriors mengistirahatkan nomor punggungnya. Nomor 24 abadi di langit-langit Oracle Arena di Oakland, California, Amerika Serikat.

Jika Rick hanya juara sekali, Brent justru meraihnya dua kali. Pertama, ia meraihnya bersama San Antonio Spurs pada 2005. Saat itu Spurs harus melawan Detroit Pistons hingga pertandingan ketujuh. Mereka pun menang 4-3. Kedua, mereka juara pada 2007 setelah menyapu bersih Cleveland Cavaliers 4-0 di final. Di kedua musim juara itu, Brent bermain sebagai pemain pengganti dan tampil di semua laga final.

Dengan demikian, Brent dan ayahnya pun menjadi duo ayah-anak kedua di NBA yang pernah menjuarai liga.    

Bill Walton dan Luke Walton

Bill Walton (kiri) dan asisten pelatih Golden State Warriors (2014-2016), Luke Walton (kanan), ketika berjumpa di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat. Foto: Sports Illustrated

 

Bill dan Luke Walton merupakan pasangan ayah-anak ketiga yang pernah menjuarai NBA. William Walton alias Bill menjuarainya pertama kali pada 1977. Saat itu ia tengah membela tim pertamanya di NBA, Portland Trail Blazers.

Bill dan Blazers berhasil mengalahkan Philadelphia 76ers 4-2. Ia pun keluar sebagai pemain terbaik di laga final setelah mengantarkan timnya ke podium juara. Selang semusim, ia tidak lagi merengkuh gelar itu, tetapi keluar sebagai pemain terbaik NBA. Gelar juara keduanya baru datang sembilan tahun kemudian. Saat itu ia bermain untuk Boston Celtics dan menjadi juara pada 1986.

Luke, di sisi lain, berada di zaman yang lebih modern. Ia merengkuh gelar juara dua kali beruntun pada 2009 dan 2010. Saat itu ia tengah bermain untuk Los Angeles Lakers bersama pemain sekaliber Kobe Bryant dan Pau Gasol.     

Mychal Thompson dan Klay Thompson

Klay Thompson (kiri) dan Mychal Thompson (kanan) merupakan pasangan ayah-anak terakhir yang menjuarai NBA sebagai pemain. Foto: NBA 

 

Mychal dan Klay merupakan pasangan ayah-anak keempat sekaligus terakhir yang sama-sama menjuarai NBA. Setelah pasangan ini, belum ada lagi yang bisa menjadi pasangan juara. Mereka pun sama-sama merengkuh gelar ini dua kali.

Mychal meraih gelar juara dua kali beruntun pada 1987-1988 bersama Los Angeles Lakers. Saat itu selalu tampil di final meski turun dari bangku cadangan. Sementara itu, Klay justru selalu tampil sebagai lima utama Golden State Warriors di dua jilid musim juara pada 2015 dan 2017. Hingga dewasa ini, Klay menjadi penembak jitu andalan timnya dan punya kesempatan menambah gelar juara lagi di musim 2017-2018.

Nah, maka jika melihat daftar duo ayah-anak bergelar juara NBA di atas, pasangan mana yang terbaik?

Foto: Scott Strazzante/The Chronicle

Komentar