IBL

Belakangan ini tersebar video Oklahoma City Thunder melakukan sebuah ritual setelah memenangkan tip-off. Carmelo Anthony menangkap bola pantul, lalu memberikannya kepada Russell Westbrook yang melakukan gerakan-gerakan unik sebelum menyerang. Aksi itu lantas mencuri perhatian, bahkan NBA mengunggahnya di akun Instagram mereka. Sudah ada lebih dari 3 juta orang menontonnya dan agaknya akan terus bertambah.

Kendati demikian, bukan hanya Carmelo Anthony dan Russell Westbrook yang memiliki ritual unik di NBA. Sejak lama, para pemain NBA menyuguhkan ritual-ritual menarik yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pemirsanya. Mainbasket lantas merangkum ritual-ritual unik itu, sebagai berikut:

Dwyane Wade

Dwyane Wade, garda senior Miami Heat, memiliki sebuah ritual dengan melakukan pull-up di ring. Ia akan mengangkat tubuhnya sendiri sambil memegang ring dengan kedua tangannya. Kepalanya akan naik-turun di antara ring.

Kevin Garnett

Kevin Garnett punya kebiasaan membenturkan kepalanya ke kasur tiang penopang sebelum pertandingan. Wajahnya akan menghadap ke arah tiang, membenturkan kepala ke sana, lalu pergi. Ritual itu sudah ia lakukan sejak di Minnesota Timberwolves sampai pindah ke dua tim lainnya. 

LeBron James

LeBron James, forwarda Cleveland Cavaliers, sudah jarang melakukannya belakangan ini. Namun, dulu ia seringkali menumpahkan kapur ke tangannya lalu menghamburkannya ke udara. Biasanya para penggemar James akan langsung berteriak ketika ia melakukan itu.   

Michael Jordan

Sama seperti LeBron James, legenda Michael Jordan juga memiliki ritual dengan kapur. Ia sering menepuk-nepuk kapur di tangannya sebelum masuk ke lapangan. Tidak seperti James, Jordan menepuknya ke arah bawah.

Jason Terry

Jason Terry memiliki nama panggilan Jet karena ia sering melakukan selebrasi layaknya pesawat terbang setelah melakukan tripoin. Namun, ia punya ritual yang lebih unik dari selebrasi itu. Ia senang menggunakan lima pasang kaus kaki di satu pertandingan dan tidur menggunakan celana tim lain yang akan ia lawan semalam sebelum pertandingan.

Joel Embiid

Joel Embiid, senter Philadelphia 76ers, memiliki semacam ritual baru belakangan ini. Sebelum pertandingan, ia tampak memakan burger sambil kakinya dipijit selama 90 menit. Embiid akan duduk sambil merentangkan satu kakinya di atas meja dan mengobrol dengan siapapun yang bisa ia ajak bicara.

Rajon Rondo

Rajon Rondo, garda New Orleans Pelicans, punya ritual sendiri ketika masih bermain untuk Boston Celtics. Pertama, ketika pemanasan ia akan memungut bola-bola pantul dan mengopernya dengan asal kepada rekan-rekannya. Kedua, ketika mendapat bola tip-off Rondo akan melakukan gerakan-gerakan aneh sebelum menyerang.

Russell Westbrook

Russell Westbrook boleh saja punya ritual bersama Carmelo Anthony, tetapi bukan itu saja bagian terbaik darinya. Sebelum pertandingan, ia memiliki ritual unik yang menjadi sorotan sejak dulu. Ia seringkali tampak menari-nari dengan rekan setimnya, dulu ia melakukannya dengan Cameron Payne.

Foto: Sports Illustrated

Komentar