IBL

Indonesian Basketball League (IBL) 2018 Seri VII hadir di Cirebon. Di hari pertama, mereka menampilkan laga debut seri ini dengan menghadirkan Stapac Jakarta lawan Satya Wacana Salatiga. Pada kesempatan itu, Stapac berhasil memenangkan laga dengan 103-66 di GOR GMC, Cirebon, Jawa Barat, Jumat 2 Februari 2018.

Dominique Williams, guard Stapac, tampil trengginas di laga ini. Ia mencetak 25 poin dengan persentase tembakan 69,2 persen. Ia juga menambahkan koleksinya itu dengan enam asis.

Sementara itu, empat pemain lainnya juga ikut mengoleksi dua digit angka. Kore White, misalnya, mengumpulkan 13 poin dan 10 rebound. Andakara Prastawa, Oki Wira, dan Widyantaputra Teja masing-masing memberi 12, 12, dan 11 poin.

Di kubu Satya Wacana, Kepala Pelatih Efri Meldi cenderung mengandalkan pemain asing. Madarious Gibbs jadi pencetak skor terbanyak dengan 39 poin. Hal itu, menurut Meldi, terjadi karena pemain lokal belum punya cukup pengalaman untuk memberi perlawanan.   

Kendati demikian, Satya Wacana sebenarnya cukup baik di kuarter pertama. Mereka bisa mengimbangi lawan dengan skor 20-20. Menurut asisten pelatih Stapac, Antonius Ferry Rinaldo, hal itu bisa terjadi lantaran Satya Wacana menggunakan sistem pertahanan 1-3-1, sementara Stapac belum terbiasa dengan itu.

Namun, petaka datang kemudian, Meldi kehilangan Jontaveous Sulton di tengah-tengah pertandingan. Ia tampak jatuh dan mengerang kesakitan sambil memegang kaki kirinya. Pemain asing andalan itu pun harus dirangkul keluar lapangan.

“Namun, kami berhasil melakukan penyesuaian di kuarter dua,” terang Rinaldo seusai laga. “Apalagi mereka (Satya Wacana) kehilangan (Jontaveous) Sulton karena cedera engkel.”

Stapac berhasil memanfaatkan ketidakhadiran Sulton. Para pemain mereka lebih leluasa menyerang ke area dekat ring, apalagi Stapac punya lebih banyak pemain bertubuh jangkung. Dalam pertandingan ini saja mereka berhasil mengoleksi 54 poin dari sana.

Di sisi lain, ketika pemain besar Stapac memberi tekanan di bawah ring, guard Dominique Williams justru jadi pemain paling rajin mencetak angka. Ia tampak leluasa melepas tembakannya di belakang garis tiga angka. Dari sana setidaknya ia berhasil mendulang poin. Apalagi peluang keberhasilan tripoinnya mencapai 71,4 persen.

Dengan baiknya penampilan Stapac hari ini, mereka pun akhirnya menang cukup jauh. Stapac unggul 103-66 dan sukses mengemas satu kemenangan dari tiga laga yang bakal dilakoni di seri ini. Selanjutnya mereka bakal melawan Garuda Bandung.

Foto: Hari Purwanto

Komentar