IBL

Satya Wacana Salatiga menutup penampilannya di Seri 6 IBL 2017-2018 dengan manis. Tim asuhan Efri Meldi ini tancap gas di kuarter akhir untuk memastikan kemenangan atas Siliwangi Bandung. Dalam laga yang berlangsung hari ini (28/1) di GOR UNY Yogyakarta, Satya Wacana menang 99-84.

Walau peluang untuk lolos ke babak playoff sangat tipis, Satya Wacana tetap memperlihatkan performa yang menawan. Kepala pelatih Satya Wacana Efri Meldi semakin berani merotasi pemain dengan merata.

Di sisi lawan, Siliwangi yang performanya terus menanjak juga memberikan perlawanan keras. Di kuarter pertama, Siliwangi hanya tertinggal satu angka, 22-23, dan terus menempel ketat setiap tambahan poin Satya Wacana.

Laga berjalan semakin intensif di kuarter kedua. Siliwangi semakin mantap dengan pelayanan Darnell Brown. Hingga akhir kuarter kedua, pemain asing yang berposisi sebagai point guard ini sudah mencetak 24 angka dengan akurasi 68,8 persen.

“Brown memang luar biasa,” puji Efri Meldi. “Tapi saya yakin, di akhir kami pasti akan bisa mematikan mereka. Sehebat-hebatnya Brown, dia akan menurun seiring berjalannya waktu pertandingan.”

Strategi penjagaan ganda (double team) terhadap Brown mulai dijalankan Satya Wacana sejak kuarter keempat. Siasat ini semakin efektif ketika center Siliwangi Joel Clarke harus keluar lapangan karena akumulasi pelanggaran personal. Siliwangi yang sempat berbalik unggul di awal kuarter empat, perlahan-lahan kesulitan mencetak angka. Tanpa Clarke, Siliwangi juga tidak mampu lagi merebut satupun offensive rebound.

“Kondisi ini membuat kami harus mengoptimalkan para pemain lokal,” jelas Paul Mario Sangor, asisten pelatih Siliwangi.

Rotasi pemain yang juga sangat baik membuat para pemain cadangan Siliwangi memberikan kontribusi poin yang lumayan. Ada 28 dari total 84 poin Siliwangi berasal dari pemain-pemain cadangan.

Darnell Brown masih menjadi pengumpul angka terbanyak bagi Siliwangi. Ia mencetak 35 poin, 7 rebound dan 5 asis.

Guard Satya Wacana Andre Adriano kembali bermain baik. Adriano mengumpulkan 12 poin dan 6 asis. Akurasi Adriano mencapai angka 66 persen. Poin terbanyak Satya Wacana diberikan oleh Jontaveous Sulton dengan 32 poin, ditambah 16 rebound dan 4 asis. Madarious Gibbs menambah 26 poin dan 5 asis.(*)

 

Foto: Hari Purwanto

 

Komentar