IBL

Bill Simmons dari The Ringer melaporkan bahwa NBC akan mengambil alih hak siar NBA dari TNT, setelah kesepakatan hak media baru ditandatangani. Dengan demikian, acara "Inside the NBA" di TNT yang sudah ada dalam dua dekade terancam bubar. 

Bill Simmons mengungkapkan bahwa negosiasi Hak Media NBA telah selesai, dengan Warner Brothers Discovery (TNT) kalah dari pemegang hak cipta tahun 90-an, NBC Universal. Simmons mengklaim kesepakatan itu telah dilakukan selama beberapa minggu tetapi pihak liga kemungkinan akan menunggu akhir babak playoff untuk mengumumkannya.

Keraguan besar muncul terhadap kemampuan TNT untuk mempertahankan hak siar liga baru-baru ini. Andrew Marchand dari The Athletic mengungkapkan pekan lalu bahwa perusahaan induk TNT, melalui CEO Warner Bros. Discovery, David Zaslav, mengatakan bahwa mereka tidak ingin mempertahankan NBA. 

Dengan kekalahan TNT dalam perebutan hak siar NBA, kru "Inside the NBA" yang terkenal di TNT yaitu Shaquille O'Neal, Kenny Smith, Charles Barkley, dan Ernie Johnson kemungkinan tidak akan ada lagi di layar televisi untuk musim kompetisi 2025-2026. 

Peralihan dari TNT berarti musim depan akan menjadi tahun terakhir "Inside The NBA". Salah satu acara TV paling ikonik yang pernah ada. Akan sangat memilukan melihat kru berpisah. Meskipun Shaq, Barkley, dan Smith dapat bersatu kembali di jaringan lain, acaranya tidak akan sama tanpa Johnson, yang punya kontrak dengan Warner Bros. Discovery.

Padahal penggemar NBA selama 20 tahun terakhir sangat mengenal program NBA di TNT. Utamanya adalah "Inside the NBA", acara utama televisi selama lebih dari dua dekade. Acara tersebut dianggap sebagai salah satu produk televisi paling menghibur secara umum, tidak hanya untuk bola basket. Gurauan dan chemistry dari kuartet ini tidak tertandingi, tetapi sepertinya tidak akan melihat mereka terus bersama lebih lama lagi. 

Sementara itu, NBA belum secara resmi mengungkapkan kemajuan apa pun yang dicapai dalam kesepakatan hak media, yang diperkirakan akan berlaku mulai tahun 2025-2026 dan seterusnya. Hak media NBA biasanya dibagi antara dua pihak, tetapi pihak ketiga diharapkan bergabung dengan grup tersebut dalam kesepakatan berikutnya untuk fokus pada streaming. Amazon Prime Video diharapkan menjadi pihak yang membawa NBA memasuki era streaming mereka. Amazon Prime akan menyiarkan Turnamen Play-In dan Piala In-Season sebagai bagian dari kesepakatan. (*)

Foto: Sportico.com

Komentar