IBL

Akurasi tembakan Wesports Malaysia Dragons memberikan kemenangan kedua berturut-turut. Pada laga yang berlangsung di rumahnya sendiri, MABA Stadium Kuala Lumpur (17/1/2018), Dragons mengalahkan sang pembunuh raksasa, Saigon Heat Vietnam dengan keunggulan 91-87. Kedua tim saling pamer akurasi tembakan jarak jauh.

Dragons tertinggal 3-10 di awal laga. Kemudian pemain lokal Ting Chun Hong memasukkan dua kali tembakan tiga angka beruntun. Tak ketinggalan, Marcus Marshall dan Ivan Yeo juga menunjukkan akurasi tembakan yang menawan. Akhirnya, Dragons berbalik unggul 21-16 di kuarter pertama. Dragons pun melanjutkan dominasi di kuarter kedua dengan memimpin 50-40.

Akeem Scott masih menjadi ancaman bagi pertahanan Dragons. Sebab, ia sudah mencetak 21 poin di babak pertama yang menjaga Heat tetap dekat dengan Dragons. Puncaknya di kuarter keempat, Heat mampu unggul 65-59 saat Dragons kehilangan momentum.

Beruntung Dragons punya AJ West. Pemain yang tidak mencetak poin di babak pertama, justru bisa membawa timnya menang. Enam poin West di kuarter keempat, membuat Dragons memimpin 11 poin atas Heat. Kesempatan menyusul di menit-menit akhir lewat tembakan tiga angka dibuang oleh David Arnold. Akhirnya, Dragons yang memenangkan pertandingan.

Kepala pelatih Dragons, Chris Thomas memuji penampilan anak asuhnya. Sebab pertahanan pemainnya bisa membuat pemain kunci Heat frustasi. Beberapa kali, serangan Heat gagal dieksekusi dengan baik.

"Kami bisa tetap disiplin pada strategi permainan," kata Coach Thomas, seperti dilansir aseanbasketballleague.com. "Saya pikir kontribusi semua pemain penting. Bukan hanya AJ, Marcus atau Joshua. Tapi semua pemain lokal kami juga bermain sangat baik."

AJ West menjadi pemain terbaik di laga ini. Ia mencetak 19 poin dan 16 rebound serta menggagalkan usaha Heat memasukkan poin dengan lima blok. West yang berjasa menahan Maxie Esho untuk tidak mencetak poin banyak. Terbukti, Esho hanya bisa menghasilkan 15 poin saja.

"Saya datang tiga minggu lalu dan tujuan saya bersama pelatih untuk membawa aura kemenangan di tim ini," ucap West. "Butuh waktu untuk ada di jalur tim hebat atau playoff. Tapi kami akan melakukannya."

Marcus Marshall memimpin perolehan poin Dragons dengan 25 poin. Disusul Joshua Munzon (18 poin, 10 rebound, 6 asis, 2 steal, 2 blok), Ting Chun Hong (13 poin). Sementara itu Heat tetap kalah meski Akeem Scott bisa menghasilkan 44 poin.

Menariknya, ini merupakan kekalahan ke-11 Saigon Heat dari Dragons di Malaysia. Sebab tim Vietnam tersebut ternyata tidak pernah menang saat bertanding di MABA Stadium, Kuala Lumpur. Dragons akan tampil kembali di rumahnya pada 21 Januari melawan Singapore Slingers. Sedangkan Heat akan berkunjung ke CIS Arena Thailans untuk menghadapi Mono Vampire Basketball Club (21/1/2018). (*)

Foto: Asean Basketball League

Komentar