IBL

Prawira Harum Bandung menjadi wakil Indonesia di Basketball Asia League (BCL) Asia 2024. Status mereka sebagai juara Indonesian Basketball league (IBL) 2023. Tidak seperti Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang merombak jajaran pemain asing. Prawira akan berlaga dengan skuad mereka saat ini di Kualifikasi BCL Asia 2024.

“Kami akan bermain dengan tiga pemain asing yang kami miliki sekarang. Kami tidak memerlukan perubahan lagi. Kami percaya dengan apa yang kami miliki. Itu sudah cukup,” kata pelatih Prawira David Singleton dalam jumpa pers di Kantor PP Perbasi, GBK Arena, Jakarta pada Sabtu, 23 Maret 2024.

Dalam BCL Asia 2024, setiap tim memiliki kuota lima pemain asing. Tanpa batasan apapun. Termasuk batasan gaji atau salary cap. Dari lima pemain itu, hanya tiga yang bisa masuk roster.

Baca juga: Justin Brownlee dan JaQuori McLaughlin Amunisi Baru Pelita Jaya di BCL Asia 2024

Prawira sudah memiliki tiga pemain asing yang juga bermain di IBL 2024. Ada Brandone Francis, yang ikut serta membawa Prawira juara musim lalu. Kemudian Prawira memiliki James Gist III dan Antonio Hester. Dari jajaran pemain lokal, Prawira mengandalkan Yudha Saputera, Sandy Kurniawan, Pandu Wiguna, Rizal Falconi, Indra Muhammad, hingga Hans Abraham.

Dengan status sebagai juara dari perwakilan Indonesia, Prawira masuk Grup A. Mereka akan bersaing dengan NS Matrix Deers (Malaysia), Hongkong Eastern Basketball team (Hongkong), dan runner up dari kompetisi Mongolia.

Babak pertama Kualifikasi BCL Asia 2024 berlangsung pada 3-7 April 2024 di Ulaanbaatar, Mongolia. Juara grup akan langsung lolos ke babak kedua yang berlangsung di Jakarta pada 23-26 April 2024. Sedangkan runner up dan posisi ketiga bertemu silang untuk memperebutkan dua kuota.

“Persiapan kami sangat baik. Kami juga antusias dengan kesempatan berlaga di level lebih tinggi ini. Dengan waktu jeda cukup lama, para pemain punya waktu untuk pemulihan dan latihan. Kami percaya bisa mewakili Indonesia dengan sangat baik,” lanjut Dave. (rag)

Foto: Ragil Putri Irmalia

Komentar