IBL

NBA menggelar beberapa gim musim reguler di luar Amerika Serikat. NBA Paris Game menjadi salah satunya dan sudah berlangsung dalam tiga tahun terakhir. Pada musim 2024-2025, San Antonio Spurs dikabarkan ambil bagian dalam NBA Paris Game. Itu berarti Victor Wembanyama akan bermain di kampung halamannya.

NBA memang belum merilis tim-tim yang akan berlaga di Paris, Prancis tahun depan. Tetapi Pelatih Spurs Gregg Popovich yang mengungkapkannya kepada Associated Press setelah kemenangan atas Brooklyn Nets 122-115 kemarin. “Kami pergi ke sana (Paris),” ujar Popovich.

Beberapa pekan sebelumnya, mantan pemain Spurs Tony Parker membocorkan soal NBA Paris Game 2025. Parker memperkirakan ada dua pertandingan NBA di Paris tahun depan. Tahun ini ada Nets vs Cavaliers yang bertanding di sana.

Kehadiran Victor Wembanyama yang membuat NBA mempertimbangkan Spurs. Sebagai ruki sensasional, Wemby merupakan aset berharga Prancis. Mendatangkan Wemby sebagai pemain NBA di Paris tentu akan disambut suka cita oleh masyarakat Prancis.

Wemby sendiri tidak kalah antusias. Ini akan menjadi pertama kalinya ia berlaga di kampung halamannya sendiri dengan status pemain NBA. Tahun lalu ia masih menjadi pemain Metropolitans 92 di LNB Pro A.

“Tentu saja ini akan menjadi pertandingan yang sangat penting bagi saya karena sayalah yang kembali ke tempat asal saya. Mungkin di kota saya atau di sekitarnya. Ini akan menjadi momen yang sangat istimewa,” kata pilihan pertama NBA Draft 2023 itu.

Dari pemberitaan media-media AS, Spurs akan melawan Indiana Pacers di NBA Paris Game 2025. Komisioner NBA Adam Silver memberi sinyal positif. Ia juga ingin melihat Wemby berlaga di Paris.

“Saya bisa mengatakan bahwa kami akan kembali memainkan musim reguler di Paris. Ada beberapa diskusi yang sedang berlangsung mengenai arena mana yang akan ditempati. Nantikan Spurs bermain di Paris,” tuturnya.

NBA Paris Games biasanya berlangsung pada medio Januari. Pada edisi ketiga, Cavaliers mengalahkan Nets 111-102 pada 11 Januari 2024. Pertandingan berlangsung di Accor Arena, Paris. Tempat tersebut juga akan menjadi venue basket di Olimpiade Paris 2024, dimana Wemby akan tampil dengan Timnas Prancis pada musim panas mendatang. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar