IBL

Setelah pensiun, Richard Jefferson kini menjadi analis NBA di ESPN. Dia mengeluarkan pendapat menarik terkait aturan 65 pertandingan agar pemain memenuhi syarat untuk mendapatkan penghargaan individu, termasuk All-NBA. Menurut Jefferson, aturan tersebut tidak akan berlangsung lama. Karena akan berpengaruh pada kontrak pemain dengan tim di masa depan. 

Jefferson menyampaikan bahwa ada sisi buruk di balik aturan 65 pertandingan tersebut. Setidaknya akan ada 20 bintang NBA musim ini yang tidak memenuhi syarat tersebut. Sehingga mereka tersingkir dari persaingan mendapatkan penghargaan MVP, DPOY, hingga All-NBA Team. Tapi tidak hanya itu saja, ketika mereka tidak mendapatkan penghargaan individu, jelas akan berpengaruh pada penghasilan mereka di masa depan. 

Jefferson mencontohkan Tyrese Haliburton. Dia hanya boleh melewatkan empat pertandingan di musim reguler agar memenuhi syarat 65 pertandingan. Sementara pertaruhan Haliburton ada pada kontraknya di musim depan. Dia bisa saja gagal mendapatkan kontrak senilai 40 juta dolar Amerika jika tidak masuk All-NBA. Sebaliknya, jika ada pemain dalam tanda kutip kurang bagus, namun dia bermain 65 pertandingan, maka akan menjadikan hal tersebut sebagai "senjata" dalam negosiasi kontrak. 

"Sekarang Anda membuka kotak Pandora lain di mana Anda mungkin mendapatkan pemain, alih-alih ada di peringkat 15 atau 17 teratas, tapi mendapatkan pemain nomor 20 hingga 30 yang memiliki opsi untuk mendapatkan All NBA selama kontrak mereka dan mendapatkan supermax atau menginginkan lebih dari jumlah maksimal biasa," kata Jefferson.

"Jadi saya rasa aturan ini tidak akan bertahan lama. Karena ada pemain yang hanya mementingkan jumlah pertandingan, dan mendapatkan kontrak maksimal, tanpa harus menjadi yang terbaik di liga."

Alasan mengapa Asosiasi Pemain NBA (NBPA) dan dewan komisaris setuju untuk menerapkan persyaratan 65 pertandingan tersebut adalah untuk mendorong pemain untuk tampil, tanpa ada manajemen beban. Menurut Komisaris NBA Adam Silver, aturan tersebut membantu mencapai tujuan liga agar pemain tidak sering absen, dan cedera juga lebih jarang terjadi dibandingkan musim lalu.

Sayangnya bagi para pemain, ada kelemahan besar dalam aturan ini yang memainkan peran besar dalam kontrak dan warisan mereka di masa depan. Silver mengatakan bahwa NBA akan meninjau aturan ini selama musim panas, jadi hanya waktu yang akan membuktikan Jefferson benar dengan mengatakan bahwa aturan 65 pertandingan tidak akan dilanjutkan. (*)

Foto: NBA Today

Komentar