IBL

Tim nasional 3x3 Indonesia proyeksi Asian Games 2018 sudah memulai masa persiapan. Tanggal 8 hingga 13 Januari ini, 12 pemain terbaik mengikuti seleksi tahap pertama. Seleksi ini terus berlanjut hingga ditemukan delapan pemain terbaik (empat putra dan empat putri) untuk berlaga di Asian Games.

Di sektor putra, enam nama yang dipanggil mengikuti seleksi adalah Rivaldo Tandra Pangersthio, Erick Jonathan Gosal, Reza Fahdani Guntara, Reggie William Mononimbar, Hengky Cornelis Lakay, dan Alkristian Chandra. Sedangkan enam pemain putri yang saat ini bergabung di pemusatan latihan sekaligus seleksi tahap pertama adalah Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma, Regita Pramesti, Dora Lovita, Jovita Elizabeth Simon, Lea Elvensia Wolobubo Kahol dan Delaya Maria.

Manajer tim 3x3 Indonesia, Fahreza Tamrella menyatakan bahwa nama-nama yang dipanggil ini untuk mencari pemain-pemain terbaik. Ini hasil evaluasi dari penampilan tim 3x3 Indonesia di Test Even 3x3 beberapa waktu lalu.

"Setelah Test Even tersebut kami melakukan evaluasi. Ada beberapa sektor yang dirasa kurang, dan dipanggil pemain-pemain yang dianggap bisa menambal kekurangan tersebut. Intinya kami akan terus mencari yang terbaik. Rencananya setiap bulan akan kami adakan promosi degradasi," ujar pria yang akrab disapa Mocha itu. "Saat ini masih fokus dengan fisik pemain. Setidaknya kami mulai program latihan dari awal lagi."

Di Asian Games nanti, lanjut Mocha, peluang tim Indonesia cukup besar. Mengingat untuk 3x3 ada batasan usia yaitu 23 tahun. Oleh sebab itu, Indonesia diharapkan bisa mewujudkan target yang sudah dicanangkan.

"Saya rasa peluang di Asian Games lebih terbuka. Target yang dibebankan untuk 3x3 adalah mendapatkan medali di Asian Games," imbuhnya.

Setelah seleksi tahap pertama ini, semua pemain akan kembali ke klub masing-masing untuk bertanding di liga. Beberapa pemain putra akan berlaga di IBL 2017-2018 Seri 5 Surabaya dan pemain putri akan bermain di Srikandi Cup Seri 2 Surabaya. Meski sudah kembali ke klubnya, tapi mereka tetap dalam pantuan pelatih Fandi Andika Ramadhani dan Tri Hartanto. Pemain tetap atau tim nasional 3x3 Indonesia yang tampil di Asian Games 2018 akan diumumkan pada bulan Agustus mendatang. (*)

Foto: Aria Kurniawan

Komentar