IBL

Tim Jalen keluar sebagai juara di Panini Rising Stars, yang menjadi bagian dari NBA All-Star Weekend di Indianapolis, Jumat malam (16/2) waktu Amerika Serikat. Tim Jalen mengalahkan Tim Detlef dengan target skor yang sudah ditetapkan. Sementara Bennedict Mathurin dari Indiana Pacers, terpilih sebagai MVP Rising Stars 2024. 

Rising Stars 2024 dijalankan dengan sistem kompetisi yang menarik. Empat tim dipimpin oleh pelatih kehormatan yang menjadi nama-nama dari tim tersebut. Ada Pau Gasol (Tim Gasol), Tamika Catchings (Tim Tamika), Jalen Rose (Tim Jalen), dan Detlef Schrempf (Tim Detlef). Mula-mula, dua tim akan saling berhadapan. Mereka mencari 40 poin sebagai target skor yang sudah ditentukan. Kemudian di final, tim akan keluar sebagai juara setelah mencapai 25 poin. 

Segalanya tidak tampak bagus bagi Tim Jalen di awal pertandingan pertama, saat Tim Tamika memulai dengan skor 9-0. Namun Tim Jalen akhirnya menemukan pijakannya dan memanfaatkan laju 15-2 untuk unggul lima poin. Setelah gagal dalam dua tembakan gratis pada penguasaan bola sebelumnya, Mathurin melakukan jumper baseline atas ruki Blazers, Scoot Henderson, untuk memberikan kemenangan 40-35 bagi timnya. Henderson memimpin Tim Tamika dengan 10 poin, sedangkan Jaden Ivey finis dengan 8 poin, 3 rebound, dan 4 steal.

Tim Detlef menguasai semifinal kedua dengan skor awal 11-0. Tim Pau mengurangi defisit 12 poin menjadi 1 poin, tetapi tidak dapat menyelesaikan comeback dan Matas Buzelis dari G League Ignite memberi Tim Detlef kemenangan 41-36 dengan jumper baseline yang sulit atas Brandon Miller. Juara dunk contest tahun lalu, Mac McClung memimpin dengan 12 poin, 5 rebound dan 3 asis. Sementara itu, Victor Wembanyama menjadi bintang bagi Tim Pau, menyelesaikan dengan 11 poin, 7 rebound dan 2 blok.

Kemudian di babak final, Tim Detlef, yang terdiri dari para pemain G League, memulai dengan skor 4-2, namun Tim Jalen kemudian mengambil alih kendali dengan 10 poin. Mereka kemudian meraih kemenangan 13 poin dengan serangan seimbang, dengan tidak satu pun dari tujuh pemain mereka yang mencetak lebih dari tujuh poin. Garda Indiana Pacers Bennedict Mathurin memperoleh penghargaan MVP di acara tersebut karena 18 poinnya di pertandingan pertama.(*)

Foto: Orlando Sentinel

Komentar