IBL

NBA mengumumkan bahwa kepala pelatih LA Clippers, Tyronn Lue didenda 35 ribu dolar Amerika atau sekitar 548 juta rupiah. Denda tersebut diterima pelatih Lue setelah terbukti mengumpat kepada wasit di area publik. Lue kecewa terhadap kepemimpinan wasit, meski pada akhirnya Clippers menang 130-125 atas Golden State Warriors. 

Lue mendapat dua pelanggaran teknis terpisah di awal kuarter keempat, dan dia dikeluarkan (ejected) setelah bentrokan singkat antar tim. Clippers bangkit dari defisit yang signifikan setelah pengusiran Lue, bangkit kembali untuk mengalahkan Warriors 130-125, pada 14 Februari 2024, waktu Amerika Serikat.

Lue kemudian tertangkap video di area semi-publik dekat ruang ganti Clippers di Chase Center saat dia berteriak kepada para pemain dan stafnya. "Di mana wasit sekarang? Curang. Hanya itu yang mereka lakukan."

Lue juga tertangkap kamera sedang berteriak, "Di mana James berada? Wasit. Saya ingin menendang mulutnya." James Williams adalah salah satu dari tiga wasit yang memimpin pertandingan tersebut. 

"Kepala pelatih LA Clippers Tyronn Lue telah didenda 35 ribu dolar karena kritik publik terhadap wasit dan karena mempertanyakan integritas ofisial pertandingan," kata Joe Dumars, Wakil Presiden Eksekutif, Kepala Operasi Bola Basket NBA.

Sangat disayangkan bagi Lue yang sekarang tengah menuai pujian. Clippers mengalami kemajuan pesat, unggul 28-7 dengan James Harden ada di tim tersebut. Dia berpeluang menjadi pelatih pertama yang bisa membawa Clippers juara. Lue sendiri sudah punya pengalaman yang bagus di laga final. Dua kali dia masuk Final NBA bersama Cleveland Cavaliers (2016 dan 2017), dan memenangkan salah satunya (2016). (*)

Foto: nba.com

Komentar