IBL

Raksasa sekaligus juara bertahan ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018 Hong Kong Eastern Basketball Team akhirnya tumbang. Wakil Vietnam, Saigon Heat mampu mengganjal tim terkuat di ABL musim ini lewat drama overtime, Selasa malam (9/1/2017). Tak tanggung-tanggung, Heat mengalahkan HK Eastern, 121-115, di hadapan pendukungnya sendiri yang memadati Southorn Stadium, Wan Chai, Hong Kong.

Heat menunjukkan efektivitas serangan yang mengagumkan. Hingga waktu tersisa dua menit di kuarter keempat, Heat unggul atas HK Eastern, 103-96. Sayangnya, saat itu Maxie Esho dikeluarkan wasit karena sudah melakukan pelanggaran lima kali. Praktis di sisa waktu ini, Heat bermain tanpa center.

Kesempatan emas tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Christian Standhardinger. Center keturunan Filipina-Jerman itu langsung mengobrak-abrik area lubang kunci Heat bersama guard asli Hong Kong, Lee Ki. Hasilnya, Standhardinger menciptakan satu tembakan bebas dari three point play. Sedangkan Lee Ki bisa mencetak dua kali tembakan tiga angka yang membawa HK Eastern berbalik unggul 106-103.

Dalam keadaan terjepit, ketenangan Michael Williams jadi jawaban tepat bagi Heat. Kepala pelatih Kyle Julius memberikan satu skenario yang jitu dengan memastikan bola diumpan kepada pemain keturunan Filipina-Amerika tersebut. Mendapatkan bola kiriman David Arnold, Williams mencetak tembakan tiga angka yang membuyarkan pesta HK Eastern. Laga pun berlanjut ke babak tambahan.

Di masa overtime, Williams menunjukkan ketajamannya. Tercatat ia mencetak 11 poin, termasuk tiga tembakan tripoin yang tepat sasaran. Akurasi tembakan yang benar-benar menakjubkan saat pemain kedua tim sama-sama kelelahan. Heat sama sekali tidak menyerang HK Eastern dari dalam, karena bermain tanpa center murni. Tapi Heat berhasil menghujani tembakan ring Heat dengan tembakan jarak jauh.

Michael Williams menghasilkan 39 poin, 7 rebound, 9 asis, 2 steal dan 1 blok. Lalu Akeem Scott menyumbang 29 poin, disusul Moses Morgan yang mencetak 27 poin dan 11 rebound. Sedangkan Maxie Esho, sebelum dikeluarkan berhasil mencatatkan 16 poin. Sementara itu, di kubu HK Eastern Marcus Elliott mencetak triple-double dengan 34 poin, 12 rebound dan 10 asis. Kemudian Standhardinger membukukan 37 poin dan 19 rebound. Aksi menawan kedua pemain tersebut belum mampu membawa HK Eastern meraih kemenangan. (*)

Foto: ASEAN Basketball League

Komentar