IBL

Akhir tahun 2023, Devin Booker memiliki sepatu khas dari nike bernama resmi "Book 1: Chapter One". Semua penggemar NBA khususnya Phoenix Suns sudah melihat berbagai jalur warna dipakai dalam pertandingan. Satu pertanyaan yang ditanyakan oleh para pecinta sepatu sneaker basket adalah: Kapan sepatu tersebut akan tersedia untuk dibeli?

Seperti layaknya sepatu khas baru, Booker tentu saja memberikan secara cuma-cuma untuk teman-teman dekatnya. Mereka yang diketahui sudah memiliki sepatu khas milik Booker adalah PJ Tucker, Kevin Durant, Jusuf Nurkic, dan Grayson Allen. Namun tiba-tiba kegembiraan ini menjadi drama yang membingunkan. 

Rumornya, Devin Booker tidak senang dengan cara Nike meluncurkan sepatu debutnya. Dia telah memakai banyak warna sepanjang musim, tetapi hanya satu rilis dalam waktu terbatas yang terjadi. Ada apa dengan itu? Booker mencurahkan isi hatinya melalui Instagram Complex Sneaker yang mereferensikan rilis yang gagal tersebut, dengan menyatakan, "Banyak orang merasa seperti itu".

Justru yang terjadi sekarang, setiap kali ada wanra baru dari Nike Book 1 diperkenalkan, selalu disambut dengan ejekan dan lelucon di media sosial. Sepatu khas pertama dari Devin Booker, sangat terpolarisasi, dan peluncurannya sangat sulit. 

Jika diingat, Rapper Drake meluncurkan sepatu Nike pertama Booker, Nike Book 1, saat konser di Arizona September lalu. Tidak dapat memanfaatkan momen ini, Booker justru memilih untuk mengenakan sepatu kets Converse ke NBA Media Day akhir bulan itu. Beberapa bulan kemudian, "peluncuran" Nike Book 1 dibatasi hanya 500 pasang di Art Basel di Miami, Florida.

Sementara setelah polemik ini memanas, Booker memberikan bocoran bahwa tanggal rilis resmi dari Nike adalah 17 Februari 2024, atau di saat jadwal NBA All-Star Weekend. Apa pun yang terjadi, hal ini menegaskan bahwa Booker mengetahui masalah yang menghantui sepatu sneaker pertamanya, yang belum benar-benar diluncurkan. Nike Book 1 dijadwalkan akan dirilis dalam lebih banyak warna sepanjang tahun 2024.

Namun di tengah kegaduhan ini, ada yang coba memanfaatkan situasi. Legenda NBA sekaligus Presiden Bola Basket Reebok, Shaquille O'Neal ikut angkat bicara. Melalui Instagram pribadinya, Shaq menuliskan, "Hai @dbook," tulis Shaq. "Saya tahu kalian tidak senang dengan peluncuran sepatu ini. Anda harus ikut dengan @reebok. Kami baru saja memulai."

Memang tidak ada indikasi Booker berniat meninggalkan Nike. Sekali lagi, dia terikat kontrak dengan mereka hingga tahun 2029. Dia juga merupakan pendukung setia Kobe Bryant, yang merupakan atlet Nike. Jadi, meskipun Shaquille O'Neal berusaha semaksimal mungkin untuk mengajak Booker bergabung dengan mereknya, mustahil itu akan terwujud dalam waktu dekat. 

Kesimpulannya adalah Nike Book 1 akhirnya akan tersedia untuk umum pada pertengahan Februari 2024. Detailnya belum dirilis mengenai apakah warna yang berbeda akan tersedia atau tidak, atau hanya satu warna yaitu oranye. (*)

Foto: Instagram UNKNWN

Komentar