IBL

LeBron James sudah bermain dalam 20 musim di liga, dan sekarang menjalani musim ke-21. Sebuah rekor baru dicatatkan oleh bintang utama Los Angeles Lakers tersebut, di mana dia sudah berhadapan dengan 35 persen pemain dalam liga sepanjang sejarah. LeBron kini berusia 39 tahun dan belum menunjukkan tanda-tanda dia akan pensiun. 

Setiap kali LeBron James mengambil alih permainan, semua orang seakan lupa bahwa dia sudah berusia 39 tahun. Sepeninggalan Udonis Haslem yang gantung sepatu, maka LeBron resmi menyandang status sebagai pemain tertua di NBA. 

Namun LeBron juga menegaskan pentingnya 20 musim dalam kariernya di NBA. Setelah pertandingan melawan Dallas Mavericks, Rabu (17/1) waktu Amerika Serikat. LeBron menjadi satu-satunya pemain sepanjang sejarah NBA yang berhadapan dengan 35 persen total pemain di liga. Menurut data yang diunggah Basketball Refference, LeBron sudah menghadapi 1.668 lawan yang berbeda sepanjang kariernya. 

Selain itu, LeBron juga sudah bermain dengan 227 pemain di liga, atau dengan kata lain menjadi rekan satu tim mereka. Karena sebelum berseragam Lakers, dia pernah membela Cleveland Cavaliers dan Miami Heat. Dia juga berhasil membawa ketiga tim tersebut meraih gelar juara. Satu di Cavaliers, dua gelar didapat saat bersama Heat, dan satu gelar bersama Lakers. 

Seperti kebanyakan pemain, mereka tidak menyadari akan rekor-rekor semacam ini. Namun LeBron tahu bahwa menetapkan banyak rekor, maka akan membuatnya dikenang sepanjang masa. Karena LeBron tahu, bahwa penggemar NBA tidak akan bisa melupakan Michael Jordan, sebagai pemain terbaik di liga. Satu-satunya jalan untuk mengalahkan ketenaran Jordan adalah menciptakan rekor sebanyak mungkin. 

LeBron juga punya cita-cita yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh pemain lain. Jika ia tetap aktif musim depan, LeBron bisa menghadapi atau bermain bersama putranya Bronny, yang diperkirakan akan dipromosikan ke NBA. Namanya salah satu yang paling dinantikan untuk NBA Draft berikutnya. Bronny saat ini berada di bola basket perguruan tinggi Amerika. Dia bermain untuk Sierra Canyon School di Chatsworth, Los Angeles, California. (*)

Foto: The Herald Journal

Komentar