IBL

Dwyane Wade akan menjadi pemain pertama Miami Heat yang memiliki patung di depan Kaseya Center. Presiden Miami Heat Pat Riley mengatakan bahwa Wade merupakan wajah dari klub selamanya. Mengistirahatkan nomor jersei dan melantik jadi Hall of Fame tidak cukup untuk membalas jasa-jasa Wade untuk Miami Heat. 

"Saat kami memensiunkan jersei-nya pada Februari 2020, saya mengatakan Dwyane adalah wajah dari klub ini selamanya  dan saya bersungguh-sungguh," kata Presiden Heat Pat Riley. "Warisan Dwyane sangat besar tidak hanya untuk Miami Heat tetapi juga untuk Miami-Wade County. Saya tidak bisa memikirkan cara yang lebih baik untuk menghormatinya selain dengan mengenang warisan itu."

Pat Riley sudah menyewa dua pematung terkenal dari Fine Art Studio Rotblatt Amrany bernama Omri Armany dan Oscar Leon. Karya Amrany sudah dikenal di kalangan NBA. Karena dialah yang membuat patung Michael Jordan, Shaquille O'Neal, Dirk Nowitzki, Kareem Abdul-Jabbar, dan banyak lagi tokoh-tokoh ternama lainnya.

Foto: Essentially Sports

Karier bola basket Wade berlangsung selama 16 musim, 15 di antaranya bermain di Miami Heat, saat ia mengumpulkan tiga gelar juara NBA, satu MVP Final NBA, satu MVP NBA All-Star, 13 kali All-Star, dua All-NBA First Team seleksi, tiga kali All-NBA Second Team, tiga kali All-NBA Third Team, tiga kali All-Defensive Second Team, satu kali All-Rookie Team First Team dengan suara bulat, satu medali emas dan perunggu bersama Timnas USA. 

Wade tampil dalam 1.054 pertandingan musim reguler sepanjang kariernya (909 starter) dan mencetak rata-rata 22,0 poin, 5,4 asis, 4,7 rebound, 1,54 steal, dan 33,9 menit, dengan akurasi tembakan 48 persen. Wade mengakhiri kariernya sebagai salah satu dari hanya tiga pemain dalam sejarah NBA yang mencapai total setidaknya 20.000 poin, 5.000 asis, 4.000 rebound, 1.500 steal, 800 blok dan 500 tripoin yang dibuat, bergabung dengan LeBron James dan Michael Jordan. 

Foto: New York Daily News

Dia mencetak setidaknya 1.000 poin melawan 10 tim berbeda, dan memimpin Heat dalam poin dan mencetak rata-rata poin selama enam tahun berturut-turut (2004 hingga 2010), menjadi satu-satunya pemain dalam sejarah klub yang memimpin di masing-masing kategori tersebut dalam enam musim berturut-turut. Dia mengakhiri kariernya dengan mencetak poin dua digit sebanyak 970 kali, termasuk 628 kali 20 poin, 220 kali 30 poin, 34 kali 40 poin, dan tiga kali 50 poin. 

Pada 12 Agustus 2023, Wade dilantik ke dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame. Karier Wade pasca-basket terus berkembang. Kerajaan bisnisnya mencakup banyak dan beragam proyek di industri hiburan, kuliner, dan ritel. Dia adalah penulis buku terlaris New York Times dan pecinta mode terkenal. Melalui Wade Family Foundation dan Social Change Fund United, Wade telah lama membuktikan dirinya sebagai pembela komunitas yang kurang terlayani, latar belakang yang kurang beruntung, keadilan rasial. (*)

Foto: nba.com

Komentar