IBL

Penampilan Shai Gilgeous-Alexander (SGA) yang gemilang di sepanjang tahun 2023 mendapatkan apresiasi. Dia kembali mendapatkan penghargaan di penghujung tahun ini. Awal bulan Desember, Gilgeous-Alexander menerima penghargaan Northern Star Award 2023. Kini sebagai penutup tahun, dia nobatkan sebagai Atlet Pria Terbaik 2023 versi Canadian Press. 

"Luar biasa. Luar biasa," kata guard Denver Nuggets dan rekan senegaranya asal Kanada, Jamal Murray. "Bermain dengan sangat baik, juga di kedua sisi lapangan, yang menurut saya dibicarakan kebanyakan orang. Dia selalu agresif, dia selalu menjadi ancaman di luar sana setiap kali Anda menjaganya."

Nama Gilgeous-Alexander mencuat pada NBA musim 2022-23 bersama Oklahoma City Thunder, yang mana mampu melampaui ekspektasi dengan hampir lolos ke babak playoff. Musim ini, dengan Gilgeous-Alexander memimpin, Thunder saat ini berada di urutan kedua dalam kompetisi Wilayah Barat. Dia berada di urutan ketiga di NBA dengan 31,1 poin per gim dan memimpin liga dalam steal dengan 2,8 steal per gim. Dia satu-satunya pemain NBA yang rata-rata melakukan dua atau lebih steal dan rata-rata mendekati satu blok per gim (0,8) sebagai garda utama. 

SGA juga memimpin Kanada meraih medali Piala Dunia FIBA ​​​​yang pertama pada bulan September 2023. Timnas Kanada meraih perunggu dengan kemenangan atas Amerika Serikat. Penampilan Kanada di turnamen tersebut membuatnya mendapatkan tempat di Olimpiade pertamanya sejak tahun 2000. 

"Bermain untuk tim nasional Kanada adalah suatu kehormatan, dan menjadi bagian dari skuat yang memenangkan perunggu di Piala Dunia FIBA 2023 adalah suatu pencapaian karir, tetapi saya tidak sabar untuk bekerja keras demi mencapai tingkat yang lebih tinggi di Paris pada tahun 2024," kata Gilgeous-Alexander.

Pemain berusia 25 tahun itu memperoleh 12 suara dalam survei jurnalis dan penyiar olahraga di seluruh Kanada. SGA mengungguli kapten Edmonton Oilers dan superstar NHL Connor McDavid (11 suara). Pegolf Nick Taylor, yang memenangkan Kanada Terbuka tahun ini, dan juara dunia dasalomba Pierce LePage berada di urutan ketiga (10 suara). (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar