IBL

NBA menggandeng rumah lelang Sotheby untuk melakukan lelang memorabilia berserjarah liga. Kali ini fokusnya ada pada jersei yang dipakai bertanding. Sotheby kini memiliki akses khusus untuk mendapatkan jersei-jersei bekas pemain. Dari 60 jersei yang dilelang, ada pula milik Victor Wembanyama yang dipakai pada laga pertamanya di NBA. 

Sotheby telah menjadi "pemain utama" dalam hal lelang memorabilia NBA dalam beberapa tahun terakhir. Mereka pernah melelang sejumlah memorabilia Michael Jordan. Sampai sepasang sepatu termahal yaitu Air Jordan 13, yang dikenakan legenda Chicago Bulls dalam Final NBA terakhirnya. Sotheby berhasil melelang dengan harga 2,2 juta dolar Amerika, pada awal tahun 2023. 

"NBA adalah salah satu liga olahraga paling ikonik dan dicintai secara global, dan memorabilia permainannya telah memikat hati para penggemar dan kolektor di seluruh dunia," ungkap Brahm Wachter, selaku kepala Modern Collectibles Sotheby. "Perjalanan kami di dunia memorabilia olahraga sejalan dengan misi kami yang lebih luas untuk memperluas akses dan kepemilikan benda-benda luar biasa dengan asal usul yang luar biasa. Kami berharap dapat menyediakan platform yang memungkinkan para penggemar dan kolektor untuk memiliki sepotong sejarah NBA dengan tingkat kepercayaan dan jaminan."

Kemitraan dengan NBA memungkinkan Sotheby mengadakan lelang sepanjang musim NBA 2023-2024, dengan menawarkan benda-benda bersejarah dalam pertandingan. Baik itu musim reguler, pertandingan Hari Natal, All-Star, Final NBA, hingga In-Season Tournament. Untuk tahap pertama, mereka melelang 60 jersei bekas pemain yang dipakai musim lalu, atau laga debut musim ini. Termasuk salah satunya adalah jersei San Antonio Spurs yang dipakai Victor Wembanyama pada laga perdananya. 

Selain jersei Wembanyama, ada pula jersei yang dipakai Stephen Curry, LeBron James, Giannis Antetokounmpo, Kevin Durant, Nikola Jokic, dan pemain lainnya. Jersei tersebut dipakai pemain dalam laga pembuka musim 2023-2024. Untuk sementara, harga tertinggi yang ditawaran di antara 60 jersei tersebut adalah milik Wembanyama, yang mencapai 75 ribu dolar Amerika. 

Lelang Sotheby untuk 60 jersei tersebut dimulai pada 28 November. Sementara untuk pameran publik, Sotheby akan memajang jersei-jersei yang dilelang pada 22 November di kantor pusatnya, di New York, Amerika Serikat. (*)

Foto: Cleveland.com

Komentar