IBL

Olimpiade Paris 2024 akan menjadi persembahan terakhir Steve Kerr untuk timnas Amerika Serikat. Apapun hasilnya nanti, Kerr menegaskan tidak akan memperpanjang kontrak dengan USA Basketball.

“Saya tidak akan menjadi pelatih timnas AS setelah 2024. Bagi saya cukup dua event. Itu sebuah siklus. Pop (Gregg Popovich) menjadi pelatih di Piala Dunia dan Olimpiade. Sekarang giliran saya meneruskan tongkat estafet. Memang seharusnya begitu,” kata Kerr kepada The Athletic.

Kerr mulai masuk sebagai asisten pelatih timnas AS di bawah Gregg Popovich pada 2019. Popovich menjabat pelatih timnas selama lima tahun. Di Piala Dunia FIBA 2019, AS terpuruk di posisi ketujuh. Tetapi setelah itu, mereka mengantar AS meraih emas Olimpiade Tokyo 2020 dan menjadi emas keempat secara beruntun.

Setelah Olimpiade Tokyo 2020 tersebut, Popovich mengundurkan diri. Kerr menggantikan posisi Popovich sebagai pelatih kepala timnas AS pada Desember 2021. Siklus tersebut yang dilanjutkan oleh Kerr.

“Sejujurnya ini merupakan tanggung jawab yang besar. Saya rasa ini berbeda dengan Coach K (Mike Krzyzewski) dan Jerry (Colangelo), saat mereka membangun budaya dan sistem dimana pemain harus berkomitmen selama beberapa tahun. Masuk akal jika Coack K tetap melatih. Tapi saya pikir saat ini ada satu siklus dan terus maju,” lanjutnya.

Krzyzewski menjadi pelatih timnas AS selama 10 tahun. Ia menggantikan Larry Brown setelah kegagalan di Olimpiade Athena 2004. Krzyzewski memimpin The Redeem Team memenangkan Olimpiade Beijing 2008. Krzyzewski tercatat melatih AS di tiga edisi Olimpiade dan  salah satu pelatih terlama timnas AS.

Kerr telah memimpin timnas AS di Piala Dunia FIBA 2023. Pelatih Golden State Warriors itu membawa Erik Spoelstra, Tyronn Lue, dan Mark Few sebagai asisten pelatih.

Dalam turnamen internasional pertamanya itu, Kerr meraih hasil tidak memuaskan. AS pulang dengan tangan hampa. Bahkan mereka kalah dalam perebutan medali perunggu dari Kanada.

Pada Olimpiade Paris 2024 nanti, AS dikabarkan akan membawa skuad Dream Team. Beberapa pemain veteran menyatakan kesediaan untuk tampil. Seperti LeBron James, Stephen Curry, Kevin Durant, Jayson Tatum, hingga Joel Embiid. (rag)

Foto: FIBA

Komentar