IBL

Nikola Jokic memberi nasihat kepada ruki Chet Holmgren untuk menaikkan berat badan. Jokic menilai Chet terlalu kurus sebagai seorang center. Pernyataan itu terjadi usai Denver Nuggets menghajar Oklahoma City Thunder 128-95 di Paycom Center pada Minggu (29/10).

Ternyata saran Jokic itu didengar oleh Chet. Pilihan kedua NBA Draft 2022 itu memberikan tanggapannya saat jumpa pers di Oklahoma menjelang gim melawan New Orleans Pelicans. Chet mengaku saran Jokic merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Tetapi ia juga sedang berupaya untuk melakukannya.

Baca juga: Nasihat Nikola Jokic untuk Chet Holmgren

“Sulit untuk menjadi gemuk jika Anda tidak gemuk. Saya kira harus menambah berat badan dengan cara yang lain,” jawab Chet.

Chet memang sedang berusaha. Tapi hasilnya tidak bisa instan. Musim lalu Chet menaikkan berat badan hampir 5,8 kg. Chet hanya berbobot 88 kg dengan tinggi 216 cm.

Sebelumnya Jokic mengatakan Chet merupakan pemain yang berbakat. Tetapi sebagai ruki, Chet memang perlu belajar banyak hal. Jokic merasa untuk memaksimalkan kemampuan bertahan, Chet harus meningkatkan kekuatan fisiknya.

“Saya belum pernah bermain di NBA sebelumnya dan banyak pengalaman yang akan saya pelajari hari demi hari. Setiap pertandingan akan memiliki tantangan yang berbeda dengan penyesuaian yang berbeda,” lanjut pemain asal Gonzaga University tersebut.

Kritik soal postur dan berat badan tidak hanya dialami oleh Chet. Hal yang sama juga diterima oleh Victor Wembanyama. Ia menjadi pemain tertinggi kedua di liga saat ini. Wemby memiliki postur 224 cm. Sebelum memulai musim perdananya, Wemby berhasil menambah bobot 6,8 kg. Saat ini Wemby memiliki berat badan 95 kg.

Salah satu perkembangan fisik yang sukses dialami oleh Giannis Antetokounmpo. Saat menjalani musim pertamanya pada 2013, Giannis memiliki postur 206 cm dan 89 kg. Pada musim ke-11, Giannis tercatat dengan tinggi 211 cm dan 110 kg. (rag)

Foto: Micahel Reaves/Getty Images

Komentar