IBL

Los Angeles Lakers tidak sedang baik-baik saja. Apa yang diharapkan dari penggemar di awal musim tidak terwujud. Mereka harus melihat tim kesayangannya kalah. Ditambah lagi skenario yang dibuat kepala pelatih Darvin Ham, tampaknya belum bisa diwujudkan dalam waktu dekat. 

Niat pelatih Darvin Ham adalah mencoba mengurangi menit bermain LeBron James untuk menjaga kesehatannya. Namun pemain berusia 38 tahun itu telah diturunkan setidaknya 35 menit dalam dua dari tiga pertandingan pertama musim ini. Padahal LeBron telah bermain 35,5 menit per pertandingan musim lalu. Tapi bisa dilihat saat kalah 127-132 dari Sacramento Kings, Lakers seperti kehabisan bensin. Mereka membiarkan Kings mencetak 17 poin di babak tambahan waktu. 

Bintang-bintang Lakers melakukan apa yang mereka bisa, dengan Anthony Davis mencetak 30 poin dengan 16 rebound dan LeBron James menambahkan 27 poin, 15 rebound, dan 8 asis. Davis bermain selama 42 menit, sementara LeBron berada di lapangan selama 39 menit. "Jelas saya tidak ingin membuat (LeBron James) terkuras tenaganya, saya juga tidak ingin membebani Anthony Davis terlalu dini," kata pelatih Ham. "Itu adalah pertandingan perpanjangan waktu dan mereka bermain di level tinggi, jadi Anda ingin membiarkan mereka tetap bermain."

Terlepas dari upaya heroik Davis dan James, Lakers hanya mendapat sedikit atau bahkan tidak ada produksi dari Austin Reaves sepanjang pertandingan. Dia menyelesaikan laga dengan hanya mencetak 5 poin, lewat akurasi tembakan 1 dari 12 percobaan dari lapangan, dan 1 dari 8 percobaan tripoin. Pemain berusia 25 tahun itu juga tidak terlalu menunjukkan bakatnya dalam segala hal, hanya mencetak 2 rebound, 2 asis, 1 steal, dan melakukan 3 turnover dalam 28 menit. Dia bahkan diganti oleh Gabe Vincent setelah Lakers berhasil memaksakan perpanjangan waktu.

Jika Lakers menginginkan peluang untuk menjadi kompetitif di Wilayah Barat, maka Reaves benar-benar perlu menyesuaikan peran sebagai bintang ketiga, setelah LeBron dan Davis, terutama di lini serang. Para starter Lakers lainnya menjalani malam yang produktif, dengan menggabungkan 94 poin. Mungkin dengan bantuan dari Reaves, cukup untuk mendorong mereka unggul melawan Sacramento Kings. Justru karena pertandingan hari ini, penggemar Lakers malah mengkritik Reaves dan mempertanyakan apakah dia siap untuk mengambil peran ini. 

"Rotasi saya, kami harus benar-benar mendalaminya dan benar-benar memperhatikannya agar para pemain berada dalam ritme permainan," kata Darvin Ham setelah kekalahan tersebut. "Kami mempunyai koleksi pemain yang hebat. Mereka harus berpikir untuk tetap siap bermain. Itu yang penting. Dia harus tahu kapan harus bermain, dan dengan siapa saya bermain."

Berikutnya, Lakers dijadwalkan menghadapi Orlando Magic. Mereka meraih dua kemenangan dalam dua pertandingan. Setelah memenangkan pertandingan pembuka musim mereka melawan Houston Rockets, Magic meraih kemenangan 102-97 atas Portland Trail Blazers. Masalah Lakers ini bisa dimanfaatkan oleh Magic untuk mencuri kemenangan dari Crypto.com Arena. (*)

Foto: Lake Show Life

Komentar