IBL

NBA mengumumkan bahwa garda musim ketiga Chicago Bulls, Ayo Dosunmu, meraih penghargaan NBA Cares Bob NBA Cares Bob Lanier Community Assist Award. Peghargaan ini diberikan atas upayanya untuk mengangkat dan menginspirasi generasi muda di kampung halamannya di Chicago. 

Pada awal setiap musim, NBA akan memberikan penghargaan kepada satu pemenang di luar musim dan tujuh pemenang bulanan atas kerja luar biasa mereka di komunitas. Pemenang penghargaan offseason akan menerima Trofi Bob Lanier dan pemenang bulanan akan menerima Trofi David Robinson. 

Penghargaan untuk Ayo Dosunmu ini datang atas karyanya di luar lapangan basket. Penduduk asli Chicago, mantan bintang Morgan Park High School dan Illinois mendirikan Ayo Dos Foundation untuk menciptakan ruang pertumbuhan dan pendidikan yang aman dan mudah diakses. Dosunmu menghabiskan waktu luangnya bekerja untuk menjembatani kesenjangan akses terhadap kesempatan dalam hal apa pun dengan melibatkan lebih dari 1.500 pemuda di Chicago. Semuanya dilakukan selama jeda kompetisi tahun ini.

Beberapa hal yang dia lakukan Ayo Dosunmu melalui yayasannya, antara lain: 

1. Membuat klinik bola basket remaja pada bulan Mei 2023 dengan melibatkan 60 remaja dari Black Kids Predict untuk mengajarkan dasar-dasar serta hubungan antara olahraga dan teknologi. 

2. Pada bulan Juli 2023, Dosunmu mengadakan "Ayo's Block Party" untuk kedua lalinya, sebagai penghormatan kepada temannya Darius Brown, yang meninggal karena kekerasan senjata. Ini memberikan bantuan kepada 120 pemain bola basket remaja. Sementara ada juga sumbangan peralatan, serta uang senilai 5.000 dolar Amerika ke Beyond the Ball & Urban Male Network.

3. Meluncurkan program "Ayo's Scholars" di Beasley Academic Center, sekaligus mengadakan aksi semangat kembali ke sekolah untuk 1.000 siswa. Selama acara tersebut, dia berjanji untuk memberikan setiap siswa yang mendapat tiket kehormatan ke pertandingan kandang Bulls 2023-2024.

4. Bekerja sama dengan Nordstrom dan Shoes That Fit, dia menyumbangkan sepatu kepada lebih dari 300 siswa di Sekolah Dasar Philip Randolph.

Empat aksi sosial di atas membuat NBA akhirnya memberikan penghargaan NBA Cares Bob Lanier Community Assist Award. Ayo Dosunmu diberitahu tentang penghargaan tersebut selama latihan hari Kamis di Advocate Center, dan akan menerima penghargaan tersebut pada pertandingan 6 November 2023, saat Bulls melawan Utah Jazz di United Center. 

"Penghargaan ini sangat berarti bagi saya, tidak hanya sebagai pemain bola basket, tetapi sebagai perwakilan kota yang luar biasa ini," kata Dosunmu, dikutip dari nba.com. "Mampu memberi kembali kepada kota yang sama yang membesarkan saya dan menjadikan saya seperti sekarang ini adalah perasaan yang tak terlupakan. Saya mendedikasikan penghargaan ini kepada generasi muda Chicago, yang mau bermimpi tanpa rasa takut dan tetap fokus, dan peluangnya tidak akan terbatas."

Penghargaan NBA Cares Bob Lanier Community Assist terwujud atas inspirasi dari seorang eksekutif Kantor Liga NBA dan Duta NBA Cares selama lebih dari 30 tahun. Ia mempunyai pengaruh besar terhadap keluarga besar NBA dan generasi muda di seluruh dunia. Dia berkeliling dunia untuk mengajarkan nilai-nilai permainan dan memberikan dampak positif melalui kebaikan dan kemurahan hatinya. Warisan yang ia bangun akan terus hidup melalui penghargaan NBA Cares Bob Lanier Community Assist Award, yang menghormati komitmen pemain generasi berikutnya untuk memberikan dampak positif bagi komunitas mereka sepanjang musim NBA. (*)

Foto: nba.com

Komentar