IBL

NCAA 2023-2024 baru akan dimulai pada 5 November mendatang. Tetapi Iowa sudah bergemuruh. Pertandingan ekshibisi tim putri Iowa Hawkeyes vs DePaul Blue Demons pada 12 Oktober 2023 lalu memecahkan rekor penonton. Pertandingan itu dihadiri oleh 55,646 penonton dan menjadi rekor penonton terbanyak untuk gim NCAA putri.

Menariknya pertandingan itu tidak digelar di kandang Iowa di Carver-Hawkeye Arena yang berjumlah 15,400 ribu penonton. Gim ekshibisi Iowa vs DePaul itu berlangsung di Kinnick Stadium, Iowa yang memiliki kapasitas maksimal 69 ribu penonton.

Gim bertajuk Crossover at Kinnick itu mengumpulkan dana sebesar AS$1250 ribu. Hasil itu akan disumbangkan ke Stead Family Children’s Hospital.

Jadi, pertandingan ini berada di sebuah lapangan sepakbola Amerika. Mereka memasang lapangan basket di salah satu sisi lapangan tersebut. Pertandingan Iowa vs DePaul ini pun menjadi gim yang berlangsung di area terbuka.

Pertandingan ini mendapat antusiasme tinggi mengingat Iowa merupakan finalis NCAA Division I 2023. Gim yang dimenangkan Louisiana State University (LSU) Tigers itu sempat membuat heboh dengan aksi kedua bintang yaitu Caitlin Clark dan Angel Reese di babak final.

Musim lalu Clark dinobatkan sebagai pemenang John R. Wooden Award dan menjadi National Player of the Year. Clark menjadi top skor kedua terbanyak dengan 27,8 poin, 8,6 asis, dan 7,1 rebound per gim.

Dalam gim ekshibisi tersebut, Iowa unggul 94-72 atas DePaul. Clark mencetak tripel dobel 34 poin, 11 rebound, dan 10 asis. Ia memasukkan 13/26 tembakan. Sementara itu Anaya Peoples memimpin DePaul dengan 19 poin dan 5 rebound.

Sebelumnya rekor penonton bola basket putri perguruan tinggi adalah 29,619 ribu penonton. Pertandingan itu mempertemukan Connecticut vs Oklahoma di Alamodome, San Antonio pada 2002 silam. (rag)

Foto: Nick Rohlman/The Gazette via AP

Komentar