IBL

Timnas Amerika Serikat terus membangun kekuatan menuju Olimpiade Paris 2024. Setelah mendapatkan Joel Embiid, kini AS juga menginginkan Jrue Holiday. Pemain yang kini berseragam Boston Celtics itu juga menjadi bagian skuad AS saat memenangkan Olimpiade Tokyo 2020.

Tidak seperti beberapa pemain papan atas lain (LeBron James, Stephen Curry, Kevin Durant, dll) yang sudah menyatakan ingin bermain, Jrue belum memutuskan apakah mau kembali lagi ke timnas. Tetapi USA Basketball berharap dan berusaha meyakinkan Jrue agar bisa masuk roster ke Paris tahun depan.

“Jrue Holiday belum mengambil keputusan. Namun, USA Basketball yang dipimpin oleh Grant Hill berharap Holiday akan berkomitmen untuk menjadi salah satu dari 12 pemain tim Olimpiade AS tahun depan,” kata sumber kepada ESPN.

USA Basketball mengungkapkan bahwa mereka begitu menyukai Jrue sebagai pemain berpengaruh kedua di tim setelah Kevin Durant. AS ingin menambah kekuatan dengan membawa sisi pertahanan dan sosok pemimpin yang dimiliki oleh Jrue.

“Tidak ada waktu yang pasti tentang kapan Jrue akan memberikan jawabannya kepada USA Basketball. Tetapi Hill dan Pelatih Timnas AS Steve Kerr mengutamakan kombinasi kemampuan dan karakteristik Holiday sebagai komponen penting untuk menambah daftar peraih medali emas,” lanjutnya.

Dalam pertandingan FIBA yang lebih bersifat fisik, kemampuan pertahanan Holiday memiliki peran penting untuk timnas AS. Jrue sempat mematikan pertahanan lawan dalam partisipasinya di Olimpiade Tokyo 2020. Ditambah peran besarnya membantu Milwaukee Bucks manjadi juara NBA 2020-2021.

Jrue tiga kali masuk dalam NBA All-Defensive First Team pada 2018, 2021, dan 2023. Pemain berusia 33 tahun itu memiliki rata-rata 19,3 poin saat bermain di Milwaukee Bucks musim lalu.

Selain Jrue, timnas AS membawa sederet pemain topnya di Olimpiade Paris 2020. Mereka adalah Kevin Durant, Bam Adebayo, Devin Booker, Draymond Green, Damian Lillard, Khris Middleton, Jayson Tatum, Jerami Grant, Keldon Johnson, Zach LaVine, dan JaVale McGee. (rag)

Foto: FIBA

Komentar