IBL

Lauri Markkanen telah menyelesaikan tugas wajib militer di Finlandia. Pemain Utah Jazz itu mengunggah swafoto dirinya dengan seragam militer dan menulis ‘Selesai’ di akun media sosialnya pada Jumat (29/9). Kini Lauri siap menuju Amerika Serikat untuk bergabung dengan Jazz.

Dalam konstitusi Finlandia menyebutkan setiap pria di negara tersebut harus mengikuti wajib militer sebelum berusia 30 tahun. Lauri genap berusia 26 tahun pada 22 Mei lalu.

Lauri mengikuti wajib militer sejak April 2023. Jazz tidak lolos babak playoff. Mereka berakhir di urutan ke-12 Wilayah Barat dengan rekor menang-kalah 37-45. Dengan waktu jeda musim lebih lama, Lauri akhirnya memutuskan untuk menuntaskan kewajiban di negara.

Seperti peserta yang lainnya, Lauri juga sempat mencukur rambutnya. Meski tidak melakukan latihan basket selama beberapa saat, Lauri mengatakan wajib militer ini tidak akan mempengaruhi persiapannya di musim mendatang. Toh, Most Improved Player 2023 itu juga tampil cukup bagus di Piala Dunia FIBA 20223 lalu.

Umumnya wajib militer berlangsung selama enam bulan. Tetapi Lauri memilih untuk menempuhnya selama dua kali. Artinya ia akan kembali menjalani wajib militer lagi tahun depan.

Lauri sendiri memang harus memperkuat Finlandia di Piala Dunia FIBA 2023 lalu. Finlandia berakhir di urutan ke-21 dari 32 peserta. Mereka meraih dua kemenangan dari lima gim yang berlangsung di Okinawa, Jepang itu.

Jazz akan memulai kamp pelatihan pada Minggu (3/10) mendatang di Brigham Young University, Hawaii. Kamp pelatihan akan berlangsung selama lima hari. Setelah itu Jazz akan melanjutkan laga pramusim.

Mereka akan berhadapan dengan Los Angeles Clippers pada 8 dan 10 Oktober 2023. Kemudian bertemu Portland Trail Blazers pada 14 Oktober dan Sacramento Kings pada 19 Oktober. Jazz akan membuka musim 2023-2024 melawan Kings tanggal 25 Oktober 2023. (rag)

Foto: Yahoo Sports, Lauri Markkanen

Komentar