IBL

National Basketball Association (NBA) sudah memasuki musim ke-78. NBA telah menyajikan 129,666 pertandingan musim reguler dan playoff. Diantara ratusan ribu pertandingan itu, ada banyak gim-gim panas nan kontroversial.

Sebanyak lima diantaranya terjadi pada periode akhir 1980 an dan awal abad ke-21. Dilansir melalui laman Sportskeeda, inilah lima gim paling kontroversial dalam sejarah NBA:

San Antonio Spurs vs Phoenix Suns, 14 Mei 2007

Pertandingan ini terjadi saat gim 4 semifinal Wilayah Barat. Spurs memimpin 2-1. Dalam pertandingan di AT&T Center, Texas itu, forwarda Spurs Robert Horry menabrak Steve Nash hingga mengenai papan pinggir lapangan.

Pelanggaran itu memicu keributan pemain lainnya. Pada akhirnya pemain Suns Boris Diaw dan Amare Stoudemire dikeluarkan dan diskors satu gim. Suns kemudian kalah di gim 5. Spurs melaju ke final Wilayah Barat dengan keunggulan 4-2. Banyak penggemar Suns merasa jika saja keributan itu tidak terjadi, Suns mungkin sudah merasakan gelar pertamanya.

Los Angeles Lakers vs Detroit Pistons, 19 Juni 1988

Gim ini kontroversi karena adanya “panthom foul” yang dilakukan oleh Bill Laimbeer kepada Kareem Abdul-Jabbar di detik-detik akhir gim 6 NBA Final 1988. Laimbeer sedikit membentur Abdul-Jabbar saat hendak melakukan tembakan. Banyak yang mempertanyakan tentang keputusan wasit memberikan tembakan gratis kepada Abdul-Jabbar.

Pada akhirnya dua tembakan gratis Abdul-Jabbar itu yang membawa kemenangan Lakers 103-102 dan kedudukan imbang 3-3. Lakers kemudian memenangkan kejuaraan di gim 7.

Los Angeles Lakers vs Sacramento Kings, 31 Mei 2002

Kontroversi kali ini karena tuduhan pengaturan pertandingan (match fixing). Tidak lain karena Lakers mendapat 27 kali tembakan gratis di kuarter keempat saat melawan Sacramento Kings di gim 6 final Wilayah Barat 2002.

Saat itu Kings memimpin 3-2. Lakers menyamakan kedudukan 3-3 setelah kemenangan 106-102. Pada gim 7 Lakers menang melalui perpanjangan waktu. Lakers melaju ke Final NBA 2002 dan merebut gelar dari New Jersey Nets.

Kontroversi mulai memanas saat wasit Lakers vs Kings saat itu Tim Donaghy menyebut bahwa ini merupakan contoh match fixing klasik di NBA. Meski tuduhan itu tidak terbukti sampai saat ini.

New York Knicks vs Denver Nuggets, 16 Desember 2006

Gim ini memang terjadi di musim reguler. Tapi memecahkan rekor sebagai perkelahian pemain terburuk. Knicks menjamu Nuggets di Madison Square Garden, New York. Nuggets memimpin 119-110 di sisa 1:15. Kemudian Mardy Collins (Knicks) melakukan flagrant foul 2 kepada J.R. Smith (Nuggets). Perkelahian besar terjadi hingga ke bangku penonton.

Akibatnya 10 pemain dikeluarkan dari gim, 47 gim ditunda, denda mencapai AS$1,2 juta, dan Carmelo Anthony mendapat penalti terlama ke-6 yang pernah ada setelah pemukulan yang memicu keributan itu.

Detroit Pistons vs Indiana Pacers, 19 November 2004

Tentu saja insiden yang bernama Malice in the Palace adalah yang paling terkenal. Indiana Pacers sedang berupaya meraih kemenangan atas Detroit Pistons di The Palace of Auburn Hills, Michigan. Ben Wallace (Pistons) akan melakukan lay up dan dilanggar oleh Ron Artest (Pacers).

Perkelahian terjadi tidak hanya antar pemain tapi juga melibatkan penggemar kedua belah pihak. Perkelahian pun terjadi di seluruh Palace. Pasukan polisi dalam jumlah besar sampai diterjunkan untuk menghentikan situasi. (rag)

Foto: NBA

Komentar