IBL

LeBron James berencana untuk membela timnas Amerika Serikat di Olimpiade 2024 Paris. Dan, menurut laporan The Athletic, LeBron mengajak rekan-rekan lamanya untuk bergabung, seperti Stephen Curry, Kevin Durant, Jayson Tatum, Anthony Davis, dan Draymond Green. Nama-nama lain yang kemungkinan bergabung adalah Kyrie Irving, Damian Lillard, Devin Booker, dan De'Aaron Fox. 

Permasalahan timnas Amerika Serikat di Piala Dunia FIBA 2023 tak hanya terkait kekuatan pemain bintang. Mereka memiliki daftar pemain berbakat, namun memilih untuk mengirimkan apa yang diistilahkan sebagai "Tim B". Kekalahan mereka dari Lithuania, Kanada, dan Jerman yang akhirnya menjadi juara terjadi karena berbagai alasan, dimulai dengan kurangnya kekuatan tim.

Baca juga: Catatan-catatan Buruk Amerika Serikat di Piala Dunia FIBA 2023

Performa Amerika Serikat di Piala Dunia FIBA tidak berkorelasi dengan performa di Olimpiade. Amerika Serikat telah memenangkan empat medali emas berturut-turut di Olimpiade. Terakhir kali Amerika Serikat tidak memenangkan medali emas untuk bola basket putra di Olimpiade adalah pada tahun 2004. Tim yang kurang bertalenta mengalami kesulitan dalam dua putaran terakhir Piala Dunia FIBA, dengan finis ketujuh di tahun 2019 dan finis keempat di tahun 2023.

Preferensi kepala pelatih Steve Kerr untuk bola basket kali tidak berhasil dalam pertandingan FIBA dengan lapangan yang lebih kecil, yang membuat Amerika Serikat tidak terlalu fokus pada rebound dan mencetak gol dalam area kunci.

Ada minat yang kuat dari para superstar NBA, termasuk pemenang medali emas masa lalu LeBron James dan Anthony Davis, untuk bergabung dengan timnas Amerika Serikat di Olimpiade Paris 2024. Curry telah menyatakan minatnya untuk bermain untuk Steve Kerr, pelatihnya di Golden State Warriors, kata sumber kepada ESPN.

Dikutip dari laporan ESPN, beberapa pemain yang tergabung dalam tim peraih medali emas 2021 di Tokyo yang tidak bermain di Piala Dunia FIBA 2023 juga menjadi kandidat masuk tim Olimpiade. Mereka adalah Jayson Tatum, Devin Booker, dan peraih medali emas dua kali Draymond Green.

Chris Paul, yang memenangkan medali emas Olimpiade pada tahun 2008 dan 2012, juga mempertimbangkan untuk ikut serta dalam Olimpiade lagi, kata sumber kepada Dave McMenamin dari ESPN. Kevin Durant telah memenangkan tiga medali emas Olimpiade dan akan menjadi kandidat untuk bermain lagi. Sementara LeBron, yang memenangkan perunggu pada tahun 2004 dan medali emas pada tahun 2008 dan 2012. Davis memenangkan emas pada tahun 2012 dan merupakan bagian dari pemenang Piala Dunia FIBA ketika dia terakhir bermain untuk Amerika Serikat pada tahun 2014. 

Direktur eksekutif Bola Basket Amerika Serikat Grant Hill mengatakan bermain di Piala Dunia FIBA tahun ini bukanlah persyaratan yang harus dipertimbangkan untuk tim Olimpiade 2024. James, Curry, Durant, dan kawan-kawan belum secara resmi berjanji untuk tampil di Olimpiade 2024. Banyak hal yang bisa berubah pada tahun depan. Namun, untuk saat ini, ada sensasi nyata di balik penampilan terakhir beberapa bintang terbesar di turnamen ini sebelum akhir karier mereka. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar