IBL

Belum lama setelah kedua rekan bisnis ini kembali bersatu, benih perpecahan mulai terlihat. Tentunya soal strategi bisnis untuk Nike Kobe. Pihak Vanessa kurang setuju dengan Nike yang membatasi produksi sepatu khas Kobe Bryant, dengan dalih sebagai item yang bisa dikoleksi. 

Nike Kobe 8 Protro "Halo" menjadi rilisan pertama setelah kedua belah pihak bersatu lagi. Vanessa sebagai pewaris Kobe Bryant, berharap agar semua penggemar mendiang suaminya bisa mendapatkan sepatu baru tersebut. Ternyata, seperti dilaporkan Sports Illustrated, Nike memproduksi sepatu tersebut dengan jumlah yang sangat terbatas. 

Dalam berita tersebut, Nike berencana membuat merek baru bernama "Kobe Brand". Sebagai produk awal yang dikeluarkan adalah Nike Kobe 8 Protro "Halo", dan Nike Kobe 4 Protro "Mambacita". Namun jumlahnya sangat terbatas, untuk "Halo" hanya 47.249 pasang, dan "Mambacita" lebih eksklusif lagi, karena Nike hanya membuat 40.024 pasang. Kalau dibandingkan dengan Air Jordan 1 High "Lost & Found" yang rilis tahun 2022 jumlahnya sangat jauh. Karena Jordan Brand mengeluarkan 500 ribu pasang. 

Seperti api dalam sekam, tiba-tiba protes penggemar Kobe Bryant untuk strategi Nike ini membuat Vanessa tersinggung. Melalui unggahan di Instagram pribadinya, Vanessa memuji Nike dengan desainnya, namun sekaligus menyindir perusahaan tersebut soal jumlah sepatu yang diproduksi. 

"Nike ingin debut Koleksi Halo ini terbatas dan dapat dikoleksi, tetapi kabar baiknya adalah Nike sedang berupaya untuk membuat lebih banyak unit untuk rilisan Kobe di masa mendatang! Koleksi "Kobe Halo" debut pada hari ulang tahun Kobe besok, kumpulkan semua rilisan Halo mendatang untuk merayakannya hari istimewa ini setiap tahunnya."

Perlu juga diingatkan Nike, bahwa sepatu basket Kobe dimaksudkan untuk bermain, bukan dikoleksi. Karena kabarnya, sekarang sudah banyak selebritas Amerika Serikat yang memakainya, ketimbang pemain NBA. Karena mereka mendapatkan sepasang sepatu edisi terbatas. Menurut Pat Benson dari Sports Illustrated, ada lebih dari sembilan model sepatu khas Kobe Bryant yang akan dirilis tahun 2024. Vanessa Bryant mengatakan akan terus berjuang atas nama penggemar agar Nike bisa meningkatkan jumlah produksi sepatu khas Kobe Bryant. (*)

Foto: Instagram Vanessa Bryant

Komentar