IBL

Selandia Baru membuka peluang untuk lolos ke ronde dua. Mereka meraih kemenangan pertama di Piala Dunia 2023. Selandia Baru mengalahkan Yordania 95-87 pada Senin (28/7) di Mall of Asia Arena, Manila.

Selandia memastikan kemenangan tersebut melalui babak perpanjangan waktu. Pada lima menit terakhir, Yordania mengusik kenyamanan Selandia Baru. Tembakan gratis Rondae Hollis Jefferson membawa Yordania menyamakan kedudukan 85-85.

Ini merupakan babak perpanjangan waktu (OT) kedua di Piala Dunia FIBA 2023. Dalam babak OT itu, kemenangan Selandia Baru mulai tampak setelah laju 10-2. Perlawanan Yordania terhenti. Mereka dipastikan tersingkir dari fase grup setelah mengalami dua kekalahan.

“Pertandingan yang ketat melawan Jordania. Mereka punya beberapa pemain hebat. Saya merasa malam ini luar biasa. Kami akan lebih senang jika bisa menyelesaikan gim ini lebih awal,” ujar Pero Cameron, pelatih Selandia Baru.

Izayah Le’afa memimpin dengan 23 poin, 5 rebound, 5 asis. Mengawali gim dari bangku cadangan, Le’afa mencetak 7 tembakan tepat sasaran dengan 4 tripoin plus 5/6 tembakan gratis. Shea Ili dobel-dobel dengan 15 poin dan 10 asis. Finn Delany meraih 14 poin dan 7 rebound. Disusul Yannick Wetzel 13 poin dan Isaac Fotu 11 poin.

Sementara itu Rondae Hollis Jefferson menjadi pendulang poin terbanyak dengan 39 poin dan 9 rebound. Hollis Jefferson nyaris tampil tanpa jeda setelah bermain selama 44 menit. Ia membukukan 12/24 tembakan ditambah 14/18 tembakan gratis. Freddy Ibrahim membantu dengan 22 poin, 9 asis, dan 5 rebound.

“Para pemain telah berjuang dan memberikan segalanya. Kami pulang dengan kepala tegak karena kami bisa memberikan perlawanan keras dan menyamakan kedudukan. Sayangnya, mereka mencetak skor terlebih dahulu dan memenangkan pertandingan ini,” kata pelatih Yordania Wessam Al Sous.

Selandia Baru akan menjalani laga penentuan melawan Yunani. Dengan catatan Yunani kalah dari Amerika Serikat di laga berikutnya. Sedangkan Yordania akan menantang Amerika Serikat lusa. (rag)

Foto: FIBA

Komentar