IBL

Duel tim debutan Piala Dunia FIBA tersaji di Okinawa Arena antara Georgia dengan Tanjung Verde, Sabtu (26/8). Hanya sempat kesulitan di lima menit awal, Georgia lantas tampil tanpa cela untuk menang tolak 85-60. Lima pemain Georgia mencetak dua digit poin untuk memastikan kemenangan perdana Georgia di Piala Dunia FIBA. 

Tornike Shengelia memimpin tim dengan 16 poin dan  7 rebound. Pemain Orlando Magic, Goga Bitadze menyusul dengan dobel-dobel 15 poin dan 11 rebound. Uniknya, Goga hanya bermain 20 menit dan total memasukkan 3/4 tembakan saja. Mayoritas poin Goga datang dari tembakan gratis dengan 9/10. Duda Sanadze menambahkan 12 poin sedangkan pemain San Antonio Spurs, Alexander Mamukelashvili 10 poin, 8 rebound, plus 5 asis.

"Ini adalah kemenangan besar untuk kami. Jujur saja, kami tidak tahu harus berekspektasi apa di gim ini. Semua perasaan kami bercampur-aduk hari ini. Namun, semua pemain memberikan performa yang luar biasa. Semua bekerja dengan baik dan mengikuti seluruh strategi permainan dari pelatih. Ini kemenangan bersejarah untuk kami," ujar Goga. 

Georgia memang bekerja sebagai tim dengan baik. Mereka mengalirkan bola untuk mencari posisi terbuka secara konsisten. Hal ini terbukti dengan jumlah asis mereka yang mencapai 23. Menariknya, di gim hari ini catatan tembakan masuk Georgia ada di angka 28. 

"Ini adalah gim pertama kami. Hasilnya memang jelas bukan yang kami inginkan, namun kami belajar banyak dari gim ini," tutur Kenneti Mendez, top skor Tanjung Verde. "Di Piala Dunia ini, kita tidak bisa melakukan terlalu banyak kesalahan. Setiap kesalahan di sini akan diganjar dengan baik oleh lawan. Ini sekali lagi adalah momen yang baik untuk kami belajar menjadi lebih baik lagi," imbuh pemain yang mencetak 11 poin tersebut. Bantuan untuk Kenneti datang dari Keven Gomes dengan 10 poin. 

Tantangan besar akan dihadapi Georgia di gim selanjutnya di Grup F. Lusa, mereka akan melawan Slovenia. Tanjung Verde akan berhadapan dengan Venezuela di hari yang sama. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar