IBL

Presiden Joko Widodo meresmikan Indonesia Arena yang berada di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, oleh Presiden Joko Widodo, Senin, 7 Agustus 2023. Sambutan positif disampaikan sejumlah atlet, termasuk pemain timnas basket Yudha Saputera yang berkesempatan hadir di peresmian itu.

Dikutip dari siaran pers yang diterima dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Yudha Saputera mengaku kagum dan bangga dengan diresmikannya Indonesia Arena. Ia menyebut Indonesia Arena memiliki standar internasional dan fasilitas yang lebih baik dari arena lainnya.

"Pertama melihatnya sudah cukup amazed. Senang punya arena yang sebesar ini, semegah ini, dan untuk lapangannya juga kan standarnya internasional, ringnya standar internasional. Membanggakan punya arena kayak gini," ujar pemain basket yang juga alumnus kompetisi basket pelajar, DBL itu.

Yudha berharap dengan diresmikannya Indonesia Arena, semangat dan motivasi generasi muda di Tanah Air dalam bermain basket dapat meningkat. Ia juga berharap Indonesia Arena tersebut dapat digunakan secara berkelanjutan.

"Semoga dengan adanya venue ini bisa membangkitkan semangat para anak-anak basket di Indonesia yang termotivasi untuk menjadi lebih baik dan semoga venue ini bisa bertahan lama biar bisa dipakai ke depannya," kata Yudha.

Sementara itu, Presiden Jokowi berharap Indonesia Arena bisa menjadi stadion indoor yang multifungsi. Tidak hanya digunakan untuk basket, tetapi juga olahraga lain, seperti bulu tangkis, voli, dan futsal.

FIBA World Cup atau Piala Dunia Basket 2023 akan menjadi turnamen pertama yang diselenggarakan di Indonesia Arena. "Indonesia Arena bisa dipakai untuk turnamen basket utamanya, tetapi juga bisa untuk badminton, voli, futsal, dan untuk konser," kata Jokowi. 

Indonesia Arena punya kapasitas 16.000 penonton. Dibangun dalam kurun waktu 18 bulan dengan biaya Rp 640 miliar. 

Di Piala Dunia Basket 2023 nanti, Indonesia menjadi salah satu tuan rumah. Pertandingan di Indonesia digelar dari 25 Agustus hingga 3 Oktober 2023.

Indonesia menggelar laga fase Grup G dan Grup H. Grup G dihuni Spanyol selaku juara bertahan, Iran, Pantai Gading, dan Brasil.  Sementara itu, Grup H diisi tim-tim seperti Kanada, Latvia, Lebanon, dan Perancis.(*)

Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Komentar