IBL

Legenda NBA Michael Jordan telah menjadi pemilik Charlotte Hornets sejak 2010. Kemudian pada tahun 2023, dia melepaskan tim tersebut dengan menjual saham mayoritasnya, ke grup yang dipimpin oleh Rick Schnall dan Gabe Plotkin. Jordan mengungkapkan alasannya untuk melepas Hornets. 

Setelah menyampaikan pesan sedih saat dirinya melepas Hornets, kali ini Jordan menjelaskan soal keputusan tersebut. Jordan menuliskan sebuah surat terbuka, yang ditujukan untuk Hornets dan penggemarnya. Berikut kutipan surat terbuka Michael Jordan:

"Meskipun kecintaan saya pada permainan bola basket dan NBA tetap kuat, sekarang adalah waktu yang tepat bagi saya untuk menyerahkan kendali dan fokus pada keluarga, urusan pribadi, dan beberapa tantangan baru.

Saya senang melihat apa yang akan terjadi di masa depan, dan saya berharap dapat mendukung tim dan komunitas dalam peran baru saya selama bertahun-tahun yang akan datang.

Ini adalah ucapan Terima Kasih, bukan selamat tinggal, karena negara bagian Carolina Utara, kota Charlotte, dan Hornets akan selalu memiliki tempat khusus di hati saya.

Saya tidak akan pernah melupakan kegembiraan saat kami membawa kembali nama Hornets ke rumah aslinya di Charlotte, menyatukan sejarah dan basis penggemar dari Hornets asli dan Bobcats. Penggemar kami memberi tahu kami betapa pentingnya hal ini, dan tingkat dukungan serta antusiasme yang luar biasa membuktikan maksud mereka.

Salah satu prioritas awal saya adalah memperbarui fokus kami untuk mendukung kebutuhan komunitas kami yang beragam, sama seperti kami meminta komunitas untuk mendukung tim kami. Dari upaya bantuan badai dan COVID-19 hingga pilar pendidikan, kelaparan, militer, dan kesehatan komunitas kami, Hornets Sports & Entertainment telah berada di garis depan dalam mendukung wilayah ini dan tetangga kami pada saat dibutuhkan.

Membawa NBA All-Star Game ke Charlotte adalah tujuan organisasi kami. NBA All-Star 2019 menyoroti kota kami di panggung global, menunjukkan kepada seluruh dunia betapa hebatnya kota Charlotte."

Michael Jordan meninggalkan Charlotte Hornets dengan kesedihan. Tetapi dia mendapatkan kurang lebih hampir 3 miliar dolar dari hasil penjualan tersebut. Jordan awalnya membeli saham mayoritas Hornets pada tahun 2010 dengan harga 175 juta dolar. Sekarang nilai investasi di NBA terus tumbuh. Sehingga membeli atau menjualn saham klub bisa bernilai fantastis. 

Dalam beberapa tahun terakhir, nilai rata-rata investasi tim telah meningkat, sejak mereka berpindah kepemilikan, ada delapan tim yang mengalami pertumbuhan terbesar. Perkiraan tersebut telah dijabarkan oleh majalah Forbes. Hornets masuk lima besar dengan penjualan saham tertinggi. 

Hornets, dibeli dengan harga 175 juta dolar, dan dijual oleh Jordan seharga lebih dari 3 miliar. Nilainya lebih 871 persen lebih banyak dari nilai awal. Boston Celtics punya pertumbuhan 1.011 persen, dari 400 juta dolar menjadi lebih dari 4 miliar saat ini. Dallas Mavericks naik 1.076 persen. Dan, yang paling mengesankan adalah Golden State Warriors. Tim ini dibeli seharga 450 juta dolar Amerika, dan sekarang Warriors bernilai investasi lebih dari 7 miliar dolar Amerika. Faktornya, Warriors membuat salah satu dinasti terbesar dalam sejarah NBA, serta perpindahan dari Oakland ke San Francisco pada tahun 2019. (*)

Foto: keepingitheel.com

Komentar