IBL

Mantan pemain NBA Terrence Williams telah dijatuhi hukuman 10 tahun penjara dengan tuduhan penipuan. Williams dihukum lantaran melakukan pemalsuan dokumen NBA’s Health and Welfare Benefit Plan yang diberikan kepada mantan pemain. Williams didakwa merugikan NBA sebesar 5 juta dolar Amerika. 

Menurut Priscilla DeGregory dari The New York Post, pada tahun 2021, Williams dan 17 mantan profesional NBA lainnya diduga melakukan rencana untuk mencuri keuntungan sebesar 5 juta dari liga. Tahun lalu, dia mengaku bersalah sebagai orang yang menjadi koordinator rencana busuk tersebut. Williams mengumpulkan klaim kesehatan palsu antara 2017 dan 2021. Williams juga mendapatkan uang senilai 346 ribu dolar Amerika sebagai suap untuk menyiapkan data operasi palsu. 

"Williams merekrut profesional medis dan lainnya untuk memperluas konspirasi kriminalnya dan memaksimalkan keuntungan yang didapatnya secara tidak sah," kata jaksa kasus tersebut, per DeGregory. "Williams tidak hanya merogoh sakunya melalui penipuan dan penipuan, tetapi dia juga mencuri identitas orang lain dan mengancam seorang saksi untuk melanjutkan upaya kriminalnya."

Jaksa juga mengatakan faktur palsu yang dibuat oleh para profesional medis, kemudian diproses oleh orang lain yang direkrut Williams untuk melancarkan aksinya. Tujuannya agar NBA bisa tunjangan kesehatan kepada mantan pemain NBA dan keluarga mereka. Williams mendapatkan bantuan dari seorang dokter gigi di California dan dokter di California, hingga negara bagian Washington. Keuntungan Williams dihasilkan oleh klaim palsu atas biaya medis dan gigi fiktif. 

"Anda (Williams) adalah pemain yang menyia-nyiakan penghasilan besar dari periode aktif ketika Anda bermain bola basket secara profesional," kata Hakim Valerie E. Caproni. "Kamu seharusnya punya cukup uang untuk hidup, tetapi kamu tidak."

Sebagai bagian dari perjanjian pembelaan yang sudah ditetapkan, Williams juga diperintahkan untuk membayar ganti rugi dan penyitaan aset sebesar 3,1 juta dolar Amerika. Hal ini tentu bisa menjadi pembelajaran bagi mantan-mantan pemain NBA yang mencari keuntungan dengan cara yang salah. 

Terence Williams adalah pemain New Jersey Nets yang dipilih dari NBA Draft 2009. Dia menghabiskan hanya satu setengah tahun dengan Nets, dan kemudian bangkit selama karier NBA empat musim yang singkat. Di 153 pertandingan musim reguler dengan Nets, Rockets, Kings, dan Celtics, Williams rata-rata mencetak 7,1 poin, 3,6 rebound, 2,4 asis per gim. Williams sempat bermain di G-Leage bersama Los Angeles D-Fenders. Pemain berusia 33 tahun tersebut juga pernah bermain di liga bola basket China, Turki, Republik Dominika, Filipina, Puerto Rico, Meksiko, Israel, dan Venezuela. (*)

Foto: OutKick

Komentar